Tak Dihuni, Rumdis Kades Lolobata Jadi Kandang Ternak

  • Bagikan
Komdisi Rumdin Kades Lolobata

MABA – Rumah Dinas (Rumdis) Kepala Desa (Kades) Lolobata, Kecamatan Wasile Tengah, Kabupaten  Halmahera Timur (Haltim), kini menjadi tempat kandang sementara ternak warga karena tidak ditempati. Pasalnya, tidak ada anggaran perawatan untuk Rumdis Kades.

Sekretaris Desa (Sekdes) Lolobata, Tahwin Hamisi mengaku, jika sekalipun Rumdis tersebut  merupakan aset desa, akan tetapi tidak dianggarkan dalam penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang kemudian diinput dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) setiap pencairan anggaran.

“Tidak masuk dalam program sekalipun hanya perawatan,  tapi hanya kebijakan pimpinan (Kades)  untuk menganggarkannya,” kata Tahwin, Kamis (30/8/2018).

Akibat tidak dihuni dan dijadikan tempat berteduh ternak warga, bangunan Rumdis kini nampak kumu. Bahkan warga Rumdis hanya ditempati semasa Kades sebelum Kades Hairudin, saat kepemimpinan Hairudin, Rumdis tak pernah dihuni dan dirawat.

“Kita semua punya tanggung jawab, tapi yang lebih besar adalah  tanggung jawab Pemdes untuk rawat karena itu aset desa tingal anggaranya dianggarkan saja kok,” sebus salah satu warga, Abdurahman Patola. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut