Pemkab Halsel Telantarkan Jamaah Haji Asal Makian-Kayoa

  • Bagikan
Jemaah Haji Makian-Kayoa yang terlantar di asrama haji Ngade Kota Ternate

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Sosial melantarkan sejumlah jamaah haji asal Kecamatan Makian dan Kayoa. Padahal sebelumnya sesuai dengan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah dan Kementrian Agama (Kemenag) Halsel, bahwa seluruh jamaah haji asal Halsel ditempatkan di dua hotel yakni Grand Majang dan Muara Hotel dengan seat 96 kamar dengan volume satu kamar dua orang jamaah, namun nyatanya jamaah haji asal Makian dan Kayoa tidak mendapatkan kamar hotel.

Dalam kesempatan itu jamaah haji asal Makian, Kayoa dan Gane Barat serta Gane Timur diserahkan langsung oleh Bupati Bahrain Kasuba dan Wakil Bupati Iswan Hasjim di dua hotel tersebut ke keluarga.

“Sesuai hasil rapat dengan Sekda, pak Kadis Sosial melaporkan bahwa jamaah akan menempati kamar dengan kapasitas dua orang satu kamar, sehingga kamar di dua hotel Grand Majang dan Muara berjumlah 96 kamar, jika dikali dua berarti 192 kamar, terus sekarang Makian tak dapat kamar,” ungkap Aminah salah satu keluarga jamaah haji asal Makian, Selasa (4/9/2018).

Sambungan Aminah, orang tuanya juga jamaah kenapa harus ada perlakuan berbeda. Walaupun jamaah haji asal Makian langsung pulang, tapi paling tidak orang tuanya dan jamaah yang lain butuh istirahat karena lelah sekembali dari tanah suci.

“Tipical dan latar blakang jamaah itu berbeda-berbeda, ada yang mau langsung pulang, ada juga yang mau istirahat dulu,” ujarnya dengan nada emosi.

Kalau Pemerintah Halsel tidak sediakan hotel, kata Aminah, pihak keluarganya dan keluarga jamaah lain bakal menyewa kamar hotel lain untuk orang tua mereka.

Sementara Kadis Sosial Halsel, Jusmin Dahlan dan Sekretaris Sosial Muhammad menghilang saat dikonfirmasi. Nomor telepon keduanya juga tidak dapat dihubungi atau berada diluar jangkauan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut