Tolak PSU, Kantor Desa Majiko Tongone Dirusak Warga

  • Bagikan
Pengerusakan fasilitas kantor Desa Majiko Tongone dilakukan penduduk calon BPD yang menolak pelaksanaan PSU Pemilihan BPD

MABA – Kator Desa Majiko Tobgone Kecamatan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Minggu 9 September siang, dirusak sejumlah warga. Sebelum pengerusakan, massa pendukung calon Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini juga menggelar aksi protes penolakan keputusan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haltim untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan BPD Majiko Tobgone.

Sekdes Majiko Tongone, Aswan Miraji mengaku, pengrusakan kantor desa terjadi oleh sebagian warga ini karena tidak puas dengan edaran pemilihan ulang anggota BPD  yang dikeluarkan DPMD Haltim. Sebab hasil pemilihan BPD beberapa waktu lalu, telah disengketakan karena diindikasi adanya penyimpangan.

“Motifnya soal pemilihan BPD beberapa waktu lalu, karena diduga ada kejanggalan maka dari BPMD mengeluarkan surat untuk pemilihan ulang, hanya saja ada dua calon yang merasa tidak akan menang kalau diulang, maka mereka mengerahkan massa untuk melakukan protes dengan merusak fasilitas kantor desa,” ungkap Aswan kepada wartawan, Selasa (11/9/2018).

Penduduk calon BPD yang menolak pelaksanaan PSU Pemilihan BPD saat menggelar aksi di depan kantor Desa Majiko Tongone

Meski begitu, lanjut Aswan, saat aksi pengrusakan terjadi kedua calon yang merasa tidak puas tidak melakukan pengrusakan, hanya masa pendukung mereka yang anarkis mendatangi kantor desa dan merusaknya.

“Kursi meja dan fasilitas kantor desa dirusaki semuanya, bahkan pintu dan jendela kantor juga dirusaki oleh massa,” terangnya.

Terpisah Kepala DPMD Haltim, Badalan Uat mengaku pihaknya melayangkan surat pemilihan ulang BPD Desa Majiko Tongone karena dinilai inprosedural dan menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Bagaimana kita tidak melakukan Pemilihan Ulang, meraka menggunakan Peraturan Pemerintah yang lama, sehingga merugikan warga lain, dan hal itu diprotes makanya kita layangkan pemilihan ulang untuk BPD di Desa Majiko Tongone,” siangkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut