Kembangkan Sektor Perikanan, 2019 KKP Kucur Hibah Rp 72 M Untuk Morotai

  • Bagikan
Inestor Jepang JICA ketika berkunjung di Koperasi Nelayan TUNA PASIFIK Pulau Morotai

DARUBA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus genjot pembangunan sektor perikanan Indonesia. Kabupaten Pulau Morotai menjadi salah satu daerah pengembangan perikanan dan rencanya bakal mendapat dana hiba sebesar Rp 72 miliar di tahun 2019 mendatang.

Salah satu investor dari Jepang yakni Japan International Cooperation Agency (JICA) bersama perwakilan KKP, telah berkujung ke Pulau Morotai dan berkeinginan berinvistasi di Pulau Morotai. Selai itu,  2019 nanti investor Jepang ini rencanya memberikan bantuan ke KKP yang akan disalurkan ke Sentral Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Pulau Morotai untuk memejukan unit koperasi nelayan.

Perwakilan KKP, Budi mengatakan untuk pengembangan kawasan perikanan , pasar serta kemajuan unit Koperasi Nelayan Pulau Morotai. SKPT Pulau Morotai akan mendapatkan dana hibah sebesar Rp 72 miliar.

“Anggarannya sudah ada tahun ini, namun sementara masih dalam proses perencanaan konsulan pengawasa.  Anggaranya melalui pusat, siapa yang minta maka angaranya akan disalurkan ke sini,” kata Budi kepada wartawan, Rabu (12/9/2018).

Anggaran hibah yang dimaksud, sebut Budi, merupakan bantuan dari Jepang ke Indonesia yang dikhususkan untuk 6 daerah salah satunya Pulau Morotai. Unit Keperasi Nelayan berkeinginan membangun perikanan baik dari sektor pembangunan dan pemasaran, dipersilahkan mengajukan permohonan ke KKP melalui SKPT Pulau Morotai.

“Hibah ini ada di 6 daerah, salah satunya Pulau Morotai yang sementara mendapatkan bantuan  dari Jepan. Kami tidak melibatkan Pemerintah Daerah tetapiPemerintah Daerah hanya kami jadikan monitoring mitra kerja saja,” jelasnya.

KKP sendiri berharap para nelayan Pulau Morotai bisa memberikan distribusi besar terkait dengan sektor penangkapan ikan.

“Nelayan juga bagian dari kami, sehingga kalaupun ada kegiatan terkait dengan industri kelautan dan perikanan, silahkan hubungi kami. Karena ini bagian dari tanggung jawab kami untuk kita sama-sama membagun daerah ini dengan baik di sektor perikanan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut