Sukses Gelar Expo Mini Kampung KB, Pemkot Harap Terus Diagendakan

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher saat lakukan pemeriksaan kuliner lokal di Expo Mini Kampung KB yang berlangaung di Benteng Kalamata Ternate, Rabu (12/9/2018)

TERNATE – Expo Mini Kampung KB yang bertajuk Maku Sonyinga yang dilaksanakan Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate berjalan deng sukses. Kegiatan atas kerja sama lintas sektor lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, tidak saja dihadiri  masyarakat Bastiong Karance melainkan juga dari Kelurahan Kalumata, Kayu Merah, Keluarahan Ubo-Ubo dan sekitarnya

Lurah Bastiong Karance,  Hesty Nasir  mengaku kegiatan Expo Mini Kampung KB  baru pertama kali dilakukan di Provinsi Maluku Utara dan Bastiong Karance menjadi tuan rumah pelaksana. Kegiatan ini merupakan sala satu Media Promosi  sehingga ikut menampilkan kuliner khas lokal yang ada di Kelurahan Bastiong Karance, Kuliner Khas Ternate dan produksi lokal untuk dilombakan antar RT yang terdiri dari 10 RT  di Bastiong Karance.

“Selain lomba kuliner, ada juga pelayanan gratis dan lomba tarian serta launching Bengkel Seni Baskara yang sudah teruji di setiap ivent lokal maupun skala nasional,” kata Hesty saat ditemui Kabar Malut usai mendampingi Wakil Wali Kota Ternate, Abdulah Taher melakukan pemeriksaan Kuliner dan Produk Industri Lokal, Rabu (12/9/2018).

Lurah Bastiong Karance, Hesty Nasir

Pada kesempatan itu itu juga ada pemeriksaan IFA dengan kerja sama lintas sektor yaitu BNN, BPJS Kesehatan, serta PMI. Pihaknya juga telah membentuk Komunitas Donor Darah di keluarahan Bastiong Karance, melalui Kampung KB,

“Ini tahap awal dan insya Allah merupakan agenda rutin sehingga tahun depan kita akan melaksanakan kegiatan seperti ini dan akan dikemas lebih menarik lagi,” ungkap Hesty.

Sementara Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher mengatakan dari sekian banyak Kampung KB yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Malut, kegiatan Expo  Mini Kampung KB baru kali pertama dilakukan Keluarahan Bastiong Karance yang bertepat di Benteng Kalama Mata Ternate ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut, dan ini bukan saja tanggung jawab BKKBN saja, tetapi kerja sama lintas sektoral yakni,  Dinas Kesehatan, BNN, BPJS Kesehatan, PMI dan Apotik Kimia Farma,  maka atas linta sektor ini membutuhkan satu koordinasi,” terang Abdullah.

Expo Mini Kampung KB sangat berdampak pada masyarakat, karena pelayanan di expo bukan saja di sektor kesehatan, tetapi juga pada bidang pendidikan. Terutama terkait anak-anak putus sekolah yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate.

“Kami dari Pemerintah Kota mengharapkan ada keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini, seperti yang terlihat sekarang rata-rata menu yang disajikan oleh masyarakat kita adalah non terigu dan non daging.  Sehingga  produk industri lokal kita harus dipamerkan dalam kegiatan,” jelas Abdullah.

Apalagi lokasi kegiatan yang dipilih sangat trategis, karena  berada dalam Benteng KalaMata, sehingga masyarat lebih elegan untuk berkunjung. Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, karena di satu kecamatan hanya satu kelurahan saja yang ditunjuk sebagai Kampung KB.

“Kita dari Pemerintah Kota melalui Dinas Koperasi terus mendorong agar produksi lokal dan menu lokal, kita selalu berdayakan masyarakat. Sehingga bisa bersaing dengan prodak-prodak lain dari luar daerah,” pungkas. (PN/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut