Pemkab Morotai Siap Pecat 5 ASN Korupsi

  • Bagikan
Kepala BKD Pulau Morotai, Rina Ishak

DARUBA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, siap pecat 5 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pernah terjerat tindak pidana korupsi dan dijatuhi hukuman berkekuatan hukum tetap. Pemecatan sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dalam penegakan hukum terhadap ASN korupsi.

Kepala BKD Pulau Morotai, Rina Ishak mengatakan, ASN yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan dan berkekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan berhubungan dengan jabatan, merupakan tindak pidana extra ordinary crime yang pemberantasannya harus dilakukan secara luar biasa dan diberikan sanksi tegas untuk memberikan efek jera terhadap ASN.

“Dalam Surat Edaran, Mendagri meminta memberhentikan ASN yang telah mendapatkan putusan pengadilan negeri yang berkekuatan tetap sesuai dengan UU yang berlaku,” kata Rina saat dikonfirmasi KabarMalut, Jumat (14/9/2018).

ASN yang terlibat pidana korupsi ini 2 diantara masih menjalani hukuman di Lapas Tobelo. Sedangkan 3 orang lainnya sudah bebas dan kini sudah berkantor seperti biasanya.

“2 masih ditahan di Lapas Tobelo yakni Abubakar Hairudin dan Heni Lorwens. 3 sudah bebas dan sekarang 2 orang itu masuk di staf di kantor bupati, sedangkan 1 Kabid di Dispora,” jelasnya.

Para Kepala Daerah dimintai Mendagri, wajib hukumnya memberhentikan oknum pegawai koruptor ini dari status sebagai ASN paling lambat Desember 2018. Kepla Daerah yang diketahui tidak memberhentikan ASN korupsi, Mendagri bakal memberikan sanksi tegas.

“Kita sudah mendapatkan edaran terkait pemberhenti ASN koruptor. apabila kepala daerah tidak memberhentikan, maka bakal dinyatakan turut serta. Sekarang kami menunggu pak bupati datang baru ditindak lanjuti,” pungkasnya.

Dikatahui ASN Pulau Morotai yang terlibat korupsi dan mendapat keputusan hukum tetap, diantaranya Jufri Karepesina, Ichsan Krichhoff, Abubakar Rahmat Hairudin, Heni Lorwens dan Husba Arif. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut