Gelar Musdes, Pemdes Tomori Rancang Kegiatan Pro Rakyat

  • Bagikan
Suasana Musdes Desa Tomori yang dihadiri langsung Kepala DPMD, Bustamin Soleman

LABUHA – Untuk meningkatkan pembangunan baik fisik maupun non fisik pada tahun anggaran 2019 mendatang, Pemerintah Desa (Pemdes) Tomori, Kecamatan Bacan akhirnya menggelar Musyawarah Desa (Musdes). Pemda dan dan BPD, turut hadir dalam Musdes yang itu di pusatkan di kantor Desa Tomori Rabu 12 September malam.

Kepala Desa Tomori, Anas Ola Bahim mengatakan, pada tahun 2019 mendatang Pemdes Tomori telah merancang berbagi kegiatan, baik fisik maupun non fisik yang pro rakyat. Untuk pembangunan fisik Pemdes berencana membangun drainase, sedangakan untuk non fisik Pemdes berencana membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Bumdes sendiri dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tomori. Anggaranya nanti dibahas bersama BPD, namun semua kegiatannya sudah sepakati bersama dengan BPD tadi.” kata Anas kepada KarbarMalut, Sabtu (15/9/2018).

Suasana Musdes : Persamaan persepsi antara Pemdes Desa Tomori dan Masyarakat melalui lembaga BPD

Pemdes Tomori juga merencanakan belanja di bidang pembinaan seperti kegiatan bersifat menjaga kerukunan umat beragama. Alasan Pemdes, merancang kegiatan tersebut karena masyarakat di Desa Tomori terhimpun dari berbagai latar belakang, agama Islam, Kristen Katolik dan Protestan.

“Adanya kegiatan antara umat beragama ini kita kembali menggali budaya-budaya leluhur seperti gotong-royong yang blakangan ini mulai mengurang.” ujarnya

Dilain sisi, Pendamping Desa Kecamatan Bacan, Husni Saban menambahkan, kehgiatan pada tahun 2019 mendatang yang telah diranng Pemdes Tomori sudah sesui dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, sebagai pendamping dirinya berharap Pemdes Tomori lebih memprioritaskan kegiatan-kegiatan desa yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sudah bagus perencanaan di tahun mendatang karena Pemdes juga membentuk Bumdes dan itu sangat penting untuk Desa Tomori,” tutup Husni.

Dalam Musdes tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bustamin Soleman, Bambikamtimnas, Babimsa dan pendamping Desa (PD) Kecamatan Bacan Husni Saban. Tidak ketinggalan masyarakat Desa Tomori pun berbondong-bondong turut hadiri menyaksikan secara langsung Musdes tersebut. (PN/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut