6 Prodi Belum Terakreditasi, Mahasiswa Unipas Tak Kunjung Wisuda

  • Bagikan
Warek II Unipas, Irfan Hi Abdurahman

DARUBA –Universitas Pasifik (Unipas) Kabupaten Pulau Morotai hingga kini tak kunjung wisudakan mahasiswa. Penyebabnya terdapat 6 Program Studi (Prodi) belum terakreditasi dan harus dipenuhi untuk diakreditasi terlebih dahulu.

Wakil Rektor (Warek) II Unipas, Irfan Hi Abdurahman mengaku akreditasi Prodi menjadi penyebab utama Unipas belum bisa gelar wisuda. prosedur dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), kampus yang hendak gelar wisuda wajib penuhi akreditasi Prodi.

“Nah yang terjadi Unipas terdapat enam program studi yang belum terakreditasi. Ini penyebab Unipas belum gelar wisuda,” ungkap Irfan didampingi Dekan Faklutas Fisip Unipas, Parto Sumati kepada sejumlah wartan di gedung Rektorat Unipas, Selasa (18/9/2018).

Irfan lantas merinci Prodi belum penuhi akreditasi dan belum terakreditasi di Unipas yang masih terdapat 6 Prodi, yakni Prodi Matematika, Tehnik Idustri, Ekonomi Akuntansi, Teknologi Hasil Perikanan (THP), Tehnik Lingkungan dan Tehnik Informatika. Sementara 5 Prodi yang telah terakreditasi diantaranya Prodi Fisip, PGSD, Tehnik Sipil, Bahasa Inggris dan Ilmu Kelautan.

“Program studi yang belum terakreditasi sudah diusulkan ke Dikti, tinggal menunggu hasilnya,” jelasnya.

Disentil mengenai anggaran untuk pergelaran wisudah sebesar Rp Rp 2,1 miliar yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dana hibah yang sudah dicairkan Rp 600 juta, Irfan mengaku anggarannnya tidak cukup, sehingga masih diprioritaskan untuk pembayaran gaji para dosen.

“Rp 600 juta digunakan untuk pembayaran gaji dosen selama tiga bulan dan operasional kampus. Untuk mengsiasati anggaran wisuda yang tidak cukup itu, kami akan melakukan permintaan ke Pemkab untuk penuhi anggaran wisuda,” terangnya.

Pihaknya berharap, Prodi yang belum terakreditasi secepatnya dipenuhi agar pelaksanaan wisuda juga bisa segara dilakukan.

“Jika program study yang belum terakreditasi sudah terakreditasi, maka tidak ada kendala bulan Oktober Unipas akan gelar wisuda,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut