HUT Lantas Bhayangkara ke-63, Ditlantas Malut Gelar Donor Darah

  • Bagikan
Suasana Donor Darah dalam rangka HUT Lantas Bhayangkara ke-63 yang berlangsung di Jati Land Mall Ternate

TERNATE- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut), menggelar donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas (Lantas) Bhangkara ke-63, tahun 2018. Kegiatan bertajuk ‘Dengan Semangat Promoter, Polantas Mengimplementasikan Road Safety Melalui E-Policing Menuju Zero Accident’ berlangsung di Jati Land Mall Ternate, Jumat (21/2018).

Kapolda Malut, Brigjen Pol Naufal Yahya mengatakan, Lalu Lintas mengalami beberapa perubahan mulai undang-undang tahun 63 kemudian beruba menjadi undang-undang nomor 14 tahun 92 dan yang terakhir adalah undang-undang nomor 22 tahun 2009.

“Ada esensi yang berbeda dari pertama  undang-undang nomor 14 yang mencerminkan aturan dan denda, dalam undang-undang itu tidak memakai helm tetapi yang lebih difokuskan adalah aturan dan denda tersebut,” ungkap Naufal dalam sambutanya.

Lanjut orang nomor satu di Mapolda Malut ini, setelah undang-undang nomor 22 visi misinya berubah menjadi Lalu Lintas, tujuan untuk keselamatan dan  memberikan fasilitas kepada difabel. Di Malut sendiri, masih banyak tidak mengunakan helm, tetapi sekarang sudah mulai mengunakan helm.

“Helm atau pelindung kepala juga sangat penting untuk digunakan pada saat mengendarai sepeda motor. Namun tidak mengunakan helm pada saat mengendarai dan jatuh kena kepala bisa-bisa merusak otak,” ujar.

Dirinya menambahkan, korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia sekitar 30 ribuan per tahun.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Malut, Kombes Pol Muji Ediyanto menambahkan, memperingati Hari Lalu Lintas Bayangkara ke-63 ini, pihaknya juga menggelar donor darah untuk disumbangkan ke masyarakat yang membutuhkan melalui PMI.

“Jumlah peserta yang ikut kegiatan donor darah tersebut sekitar 400 orang yang tergabung dari TNI dan Polri, kami juga melakukan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling yang bertempat di halaman Jati Land Mall Ternate,” ucap Muji.

Selain itu, lajut Muji, dibukanya pelayanan perpanjang SIM, serta undian helm gratis yang disediakan sebanyak 100 unit bagi masyarakat umum. (cim/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut