Raih Juara 1 KJSA, Bupati Beri Beasiswa Untuk Adiana

  • Bagikan
Bupati Kepsul, Hendrata Thes bersama Adiana Naipon dan kedua orang tuanya

SANANA – Adiana Naipon, siswa SD Inpres Kabau Darat Kecamatan Sulabesi Barat, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), yang telah berhasil mengharumkan nama Kepsul di ajang bergengsi tingkat nasional Kalbe Junior Scientist Award (KJS) pada tanggal 10 September lalu di Jakarta. Mendapat penghargaan berupa beasiswa oleh Bupati Hendrata Thes, Senin (24/9/2018).

Adrianan menyabet juara 1 Kategori produk terbaik, setelah berhasil melakukan penelitiannya terkait buah butun/keben dalam bahasa Sula dikenal dengan nama Buah Tota, atau bahasa ilmiah dikenal dengan nama Barringtonia Asiatica. Buah tersebut biasanya digunakan masyarakat Kepsul untuk menangkap Ikan di kolam dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat.

Siswa kelahiran 2005 itu diundang resmi oleh Bupati Hendrata Thes didampingi langsung kedua orang tuanya, Fadin Naipon dan Safia Aufat serta guru pendampingnya Hamsia Duwila serta kepala sekolahnya.

Hadir dengan mengalungi medali emas di lehernya, anak dengan cita- cita menjadi seorang guru itu, nampak percaya diri sekali saat diminta bupati untuk mempersentasikan hasil penelitiannya di depan masyarakat Kepsul dan para Forkopimpda.

Orang tua yang berdiri mendampinginya mengaku bangga dan bahagia saat ditanya bupati tentang perasaannya.

“Saya bangga dan bahagia atas apa yang telah diraih anak saya,” kata ibunda Adiana Naipon, Safia Aufat.

Bupati Kepsul, Hendrata Thes mengatakan ada pesan yang disampaikan Adiana dalam penelitiannya yang sangat berhubungan erat dengan Perbup yang dibuatnya.

“Adinda Adiana meneliti tentang penggunaan buah Butun untuk menangkap ikan dengan tidak merusaki lingkungan, dan Perbup yang saya buat mengarah pada bagaimana menjaga terumbu karang. Jadi untk menangkap ikan, tidak harus dengan jalan merusak dan mencemari lingkungan,”  singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut