BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Malut

  • Bagikan
Prakirawan BMKG Ternate, Vianca Adjie Putra

TERNATE – Perubahan cuaca di wilayah Maluku Utara (Malut) beberapa pekan ini tergolong aman, namun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Babullah Ternate mengeluarkan peringatan dini, gelombang tinggi yang disebabkan oleh pola angin baratan yang mencapai 40 km per jam bakal terjadi di perairan Malut.

Prakirawan BMKG Ternate, Vianca Adjie Putra menjelaskan tinggi gelombang saat ini mencapai 1,25 hingga 2.0 meter (moderate sea) yang berpeluang terjadi di laut Halmahera, perairan Barat Halmahera dan perairan Ternate-Batang Dua-Bitung. Sedangkan untuk wilayah tinggi gelombang 2,5 sampai 4,0 meter (rough sea) bepeluang terjadi di perairan Utara Halmahera dan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

“Perubahan cuaca seperti pancaroba akan dimulai pada akhir bulan September hingga Oktober,” ungkap Vianca ditemui KabarMalut, Selasa (24/9/2018).

BMKG menghimbau kepada masyarakat dan jasa angkutan kapal yang melakukan aktivitas di sekitar perairan Samudera Pasifik Utara Halmahera serta daerah lainnya,  agar lebih berhati-hati.

“Khususnya di beberapa daerah yang dicantumkan dalam daftar peringatan dini, untuk lebih waspada dan mempertimbangkan kondisi tersebut,” pintahnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut