Kemenkumham Harap Notaris Tingkatkan Pelayanan

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Malut, Nofli saat menyampaikan sambutan di acara Rapar Koordinasi Notaris Provinsi Malut

TERNATE  – Masyarakat Maluku Utara (Malut) sering mengeluhkan masih minimnya pelayanan di notaris. Menanggapi persoalan itu, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Malut, berharap para notaris perlu meningkatkan lagi peyananan yang dilakukan selama ini.

Kakanwil Kemenkumham Malut, Nofli mengatakan notaris sebagai pejabat umum yang menjalankan profesi dalam memberikan jasa hukum kepada masyarakat, sehingga harus menjalankan profesinya dengan baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan dan kode etik. Sehingga Kemenkumham melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) Notaris dengan tema Meningkatakan Sinergitas Pengawasan dan Investigasi Serta Evaluasi Notaris.

“Tujuan ini agar masyarakat sebagai pengguna jasa notaris mendapatkan perlindungan dan jaminan demi tercapainya kepastian hukum,” ungkap Nofli dalam sambutanya di Rakoor Notaris  yang berlangsung di Hotel Boulevard, Selasa (25/9/2018).

Banyaknya pengaduan masyarakat terkait perilaku notaris yang menimbulkan permasalahan hukum, Nofli meminta jajaranya untuk segera tindaklanjut dan dapat diselesaikan. Kemenkumham telah membentuk tim untuk investigasi terhadap permasalahan notaris yang disampaikan masyarakat, serta untuk membantu MPDN ,MPWN, MPPN, dalam menyelesaikan permasalahan hukum.

“Dengan terbentuknya Tim Investigasi permaslahan Notaris di wilayah Malut ini, diharapkan permasalahan notaris atau laporkan masyarakat yang disampaikan dapat segera ditindak lanjuti dan diselesaikan. Sehingga masyarakat selaku pengguna jasa notaris mendapat perlindungan dan jaminan demi tercapainya kepastian hukum,” tuturnya.

Nofli menambahkan, mengingat peranan dan kewenangan notaris dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang nomor 30 tahun 2014 tentang Jabatan Notaris sangat penting bagi lalu lintas kehidupan masyarakat. Maka prilaku dan perbuatan notaris dalam menjalankan jabatan profesinya rentan terhadap penyalahgunaan yang dapat merugiakan kepentingan masyarakat.

“Kami berharap dalam menjalankan profesinya jabatanya notaris dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat memberikan jaminan kepastian dan perlindungan hukum bagi penerima jasa notaris dan masyarakat luas,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut