Kuatkan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Rakor Panwascam Se-Halteng

  • Bagikan
Rakoor Bawaslu dengan Panwascam se-Halteng

WEDA – Dalam rangka penguatan internal teknis dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu DPR,  DPD,  DPRD serta Pilpres 2019. Bawaslu Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) menggelar Rapat Korodinasi (Rakoor) kepada Panwascam se-Halteng, berlangsung di aula Puskesmas Weda.

Ketua Bawaslu Halteng,  Siti Hasma mengatakan kegiatan ini sebagai langkah kesiapan awal bagi penyelenggara pengawasan pemilu, khusunya Bawaslu Halteng dan jajaran di tingakat bawah.

“Saat ini tahapan kampanye sedang berlangsung dan penting dilakukanya pengawasan ekstra terhadap setiap aktivitas politik para Calon Anggota Legislatif (Caleg),” ungkap Siti kepada KabarMalut, Selasa (25/9/2018).

Dirinya berharap, pelaksaan Rakoor menambah pengetahuan Panwascam dalam meningkatkan pengawasan Pemilu serentak nanti, sehingga berjalan dengan aman dan damai.

“Tentun kita berharap semua jajaran siap mengawasi pelaksanaan kampanye sehingga dapat berlangsung dengan baik,” kata Siti.

Terpisah,  Kordinator Divisi Hukum,  Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Halteng, Munawar Wahid menjelaskan kegiatan ini sangatlah penting dalam upaya membekali jajaran pengawas di tingkat kecamatan, agar dapat bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Prinsipnya kita di penyelenggara Pengawas telah siap melakukan kegiatan pengawasan dalam pelaksanaan kampanye yang sedang berlangsung. Dan tidak akan segan-segan menindak setiap pelanggaran yang terjadi, ” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bawaslu berharap setiap peserta kampanye baik tim sukses dan para calon anggota legislatif lebih tertib dan tetap mentaati ketentuan yang berlaku.

“Yang harus diingat adalah Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 itu bukan untuk penyelenggara KPU dan Bawaslu, tapi mengikat juga teman-teman di partai politik.  Olehnya itu, harapan kami para kontestan lebih pahan untuk tidak bertindak melanggar ketentuan yang ada, sebab tentu akan ada sanksi yang berlaku,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut