Sambut Adipura, Disperindag Tertibkan Pedagang Pasar Higienis

  • Bagikan
Petugas Diaperindag Kota Ternate saat melakukan penertiban pedagang di depan Pasar Higienis

TERNATE – Sambut penilaian Adipura 2018, petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate mulai melakukan penertiban pedagang di seputaran Pasar Barito dan Pasar Higienis Gamalama Ternate.

“Petugas Disperindag nanti ada penilaian Adipura baru mereka lakukan penertiban, sehingga banyak pedagang yang berhamburan di luar. Padahal yang kami inginkan agar petugas ini lakukan penertiban tiap hari agar pedagang yang ada di luar itu semua masuk ke dalam,” ujar salah satu pedagang Barito, Ida kepada wartawan di sela-sela penertiban, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, penertiban terhadap pedagang itu harus merata, jangan pilih kasih, serta dilakukan tiap hari, karena pedagang di dalam pasar sangat kesal bila penertiban hanya dilakukan pada saat penilaian Adipura. Semrawut pedagang berjualan di luar tempat yang ditentukan, tentu sangat merugikan pedagang yang berada dalam gedung pasar.

“Pedanag yang ada di luar itu dagang mereka laku dan kita di dalam ini adu nasib saja, karena jarang pengunjung sampai ke dalam pasar,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi Penataan Pasar,  Seriyawan Suleman mengaku peneritiban pedagang baru dilakukan karena jauh hari sebelumnya telah dilakukan sosilisasi dengan pendekatan terlebih dahulu. Agar penertiban tidak ada lagi pegadan berjualan di luar tempat yang ditentukan.

“Kami dari Disperindag telah melakukan penertiban ini, jauh sebelum itu kita sudah lakukan pendekatan  kepada pedagang dengan dengan hati nurani,” ujar Seriyawan.

Penertiban ini bukan karena menyambut penilaian Adipura, melainkan sudah menjadi ini sudah menjadi kewajiban Disperindag Kota Ternate. Jika di lapangan terdapat pedagang yang berjualan tidak di tempat yang ditentukan, sudah pasti langsung ditertibkan.

“Para pedagang diwajibkan untuk menempati tempat yang sudah disediakan Disperindag Kota Ternate. Jadi pedagang tidak dibenarkan lagi berjualan di depan Pasar Higienis,”katanya

Lanjut Seriyawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate sudah membangun pasar yang megah demi menempatkan pedagang, bukan membiarkan pedagang berjualan sembarang tempat. Disperindag menjadwalkan bakal terus menertibakan pedagang.

“Karena mereka ini mau cari tempat yang paling depan, sehingga berjualan di depan pasar higeinis,”  pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut