Tim Basarnas Siaga di Dearah Rawan Erupsi Gamalama

  • Bagikan
Petugas dari Basarnas Ternate membagikan masker ke masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Api Gamalama

TERNATE – Basarnas Ternate menerjunkan dua tim reacue ke daerah rawan kena dampak erupsi Gunung Api Gamalama, sebagai bentuk respon antisipasi bahaya keselamatan jiwa manusia dari erupsi Gamalama.

Humas Basarnas Ternate, Icshan M Nur mengaku tim dengan jumlah 10 orang personil menggunakan Mobil Rescue Car Compartemen dipimpin Kasubsie Operasi dan Siaga. Kini telah disiagakan di daerah rawan dampak erupsi Gamalama.

“Saat ini tim telah dibagi, 1 tim disiagakan di daerah yang rawan terkena dampak erupsi gunung Gamalama dan 1 Team Rescue menuju Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama untuk melakukan pemantauan,” kata Icshan, Kamis (4/10/2018).

Team Rescue juga berkoordinasi dengan pihak penjaga, TNI/Polri, BPBD dan pemerintah setempat untuk memastikan masyarakat aman.

“Sampai saat ini belum ada laporan yang sangat membahayakan jiwa manusia, sehingga Tim SAR gabungan masih disiagaakan di lokasi. Apabila terjadi sewaktu-waktu masyarakat yang terdampak bisa dievakuasi,” terangnya.

Saat ini setatus level Gunung Gamalama masih tetap level II (Waspada), denagn rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Gamalama dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di radius 1,5 km dari kawah puncak Gamalama. Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya secunder berupa aliran lahar. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut