Bawaslu Imbau Warga Pastikan Namanya Terdaftar DPTHP Pemilu 2019

  • Bagikan
Posko Penerimaan Pengaduan Daftar Pemilu 2019 milik Panwaslu Kecamatan

DARUBA – Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai menghimbau kepada seluruh warga yang usianya genap 17 tahun saat Pemilu 2019 atau telah menikah, agar kembali memastikan namanya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). Hal ini dilakukan agar warga tidak kehilangan hak pilih pada Pemilu 2019 nanti.

Komisioner Bawaslu Pulau Morotai, Murjat Hi Untung mengatakan, imbauan ini agar warga benar-benar terdaftar dan memiliki hak pilih. Namun jika terdapat warga yang belum terdaftar dalam DPTHP dan belum memiliki KTP eletronik, maka diharapkan segera melaporkan diri ke Posko Pangaduan di desa maupun 5 di kecamatan masing-masing tepatnya di kantor Panwaslu Kecamatan.

“Kami sudah mengumpulkan beberapa kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai, untuk membentuk Posko Pengaduan Masyarakat yang berpotensi tidak dapat menggunakan hak pilih, karena tidak mempunyai KTP elektronik,” ungkap Murjat kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).

Murjat mengaku, Bawaslu bakal memfasilitasi warga yang belum masuk dalam DPTHP dan tidak memiliki KTP elektronik untuk tetap memiliki hak pilih saat Pemilu 2019. Dengan melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) agar warga yang tidak memiliki KTP elektronik, bisa ikut perekam sebagai salah satu syarat mendapatkan KTP elektronik.

“Bagi yang belum mempunyai e-KTP, kami akan memfasilitasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merekam e-KTP bagi warga belum ikut perekaman,” cetusnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut