Bawaslu Kepsul Tingkatkan Pengawasan Wilayah PSU

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Kepsul, Iwan Duwila

SANANA – Jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pimilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) 2018, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menerjunkan seluruh Pangawasan Kecamatan (Panwascam) se-Kepsul untuk meningkatkan pengawasan di wilayah pelaksanaan PSU yakni Kecamatan Sanana. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan menindak para peserta atau tim sukses Pasangan Calon (Paslon) yang melenceng dari aturan.

“Kami intens melakukan pengawasan, untuk itu Panwas Kecamatan dan Desa terus siaga baik siang maupun malam hari, hingga pada proses pencoblosan nanti, yang insya Allah dilaksakan pada tanggal 17 Oktober kedepan,” kata Ketua Bawaslu Kepsul, Iwan Duwila kepada KabarMalut, Jumat (12/10/2018) malam.

Iwan mengatakan, tim dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) terus disiagakan di kantor Bawaslu, mengatisipasi apabila sewaktu-waktu ada informasi laporan atau temuan pelanggaran, langsung diterjunkan ke lapangan untuk menindaklanjuti.

“Jika ada kedapatan di lapangan yang melakukan money politic dan lainnya akan ditindak lanjuti dan dimintai klarifikasi agar ada kejelasan dari tim tersebut,” tegasnya.

Bawaslu mengimbau kepada seluruh Paslon maupun tim sukses agar tidak melakukan money politik atau pelanggaran lain jelang PSU hingga proses PSU selesai. Masyarakat diharapkan menentukan pilihan sesuai keinginan dan tanpa diintimidasi dari Paslon manapun, agar proses demokrasi ini berjalan baik dan menghasilkan pemimpin yang jujur.

“Sebelumnya sudah melakukan rapat baik itu Bawaslu, KPU serta seluruh Tim Paslon masing-masing, agar jangan ada lagi yang melakukan money politic,” terang Iwan.

Jelang PSU, tambah Iwan, Bawaslu Kepsul mendapat laporan pengaduan dugaan salah satu tim sukses Paslon Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK- YA) melakukan pembagian uang di Desa Fogi dan Desa Face. Namun setelah dikroscek, laporan tersebut ternyata tidak terbukti. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut