Besok KPU Kepsul Distribusi Surat Suara

  • Bagikan
Ketua KPU Kepsul Yuli Nigsi Ayu

SANANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menjadwalkan, Minggu 14 Oktober besok bakal mendistribusikan Surat Suara ke Kecamatan Sanana, untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) 2018 yang dijadwalkan Rabu 17 Oktober nanti.

Ketua KPU Kepsul, Yuli Yuningsi Ayu mengaku setelah menerima Surat Suara dari KPU Provinsi Malut, pihaknya telebih dahulu melakukan sortir ulang serta pelipatan sebelum didistribusikan ke wilayah PSU. Direncanakan, Minggu besok sudah didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sekaligus pembagian formulir C6.

“Besok pendustribusian surat suara ke PPK sekaligus pembagian form C6,” kata Yuli kepada KabarMalut, Sabtu (13/10/2018.

Yuni menjelaskan, surat suara yang diterima dari KPU terdapat kelebihan sebanyak 189 surat suara setelah dilakukan sortir. Selain itu, ditemukan juga 7 surat suara dalam keadaan rusak dan tak layak digunakan.

“Dari surat suara yang kami terima itu 17.691, tetapi setelah disortir ternyata kelebihan jadi 17.880 dan kerusakan 7 surat suara,” kata Yuli.

Rencananya surat suara yang rusak dan lebih, KPU Kepsul  akan melaporkan ke KPU Provinsi Malut, selanjutnya  dimusnakan dengan diksaksikan Bawaslu, tim Pasangan Calon (Paslon) dan dan pihak kepolisian.

“Pemusnahan tersebut biasanya setelah distrubusi ke PPK, biasanya ada kroscek kembali setelah di pastikan di tingkatakan PPK tidak ada kekurangan lagi, langsung dilakukan pemusnahan surat suara yang rusak,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, terkait Daftar Pimilih Tetap (DPT) di Kecamatan Sanana tercatat sebanyak 17.240 DPT dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 1.337. Namun hasil pencermatan dilakukan KPU dan Bawaslu berkurang lagi sebanyak 28 pemilih. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut