Terbebas Dari Banjir, Warga Muhajirin Apresiasi Kinerja Pemkab Morotai

  • Bagikan
Pompa Air yang dibangun Pemkab Pulau Morotai untuk mengatasi banjir di Desa Muhajirin

DARUBA – Warga Desa Muhajirin Kecamatan Morotai Selatan mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai dalam mengatasi persoalan banjir di Desa Muhajirin, khususnya di masa pemerintahan Bupati Benny Laos dan Wakil Bupati Asrun Padoma dalam dua tahun terakhir. Kebijakan Pemkab Morotai yang mengembangkan sistem pompa air, dianggap efektif mengatasi banjir, terbukti mampu membebaskan 50 kepala keluarga (KK) Desa Muhajirin dari langganan banjir.

Aalah satu warga Desa Muhajirin, Mohtar Sibua mengatakan, langkah dan strategi yang ditempuh Pemkab Morotai dalam mengatasi bajir di desanya patut mendapat pujian. Langkah mengatasi banjir seperti pembangunan pompa air ini, merupakan bukti kongret pembangunan yang dilakukan Benny dan Asrun dalam kurung dua tahun terakhir. Karena masalah banjir Muhajirin, menurutnya, belum pernah terpecahkan solusinya dimasa kepemimpinan sebelumnya.

“Kemarin, kalau hujan 30 menit saja rumah saya sudah banjir, jadi saat hujan kita tidak bisa tidur. Tapi sejak pompa air dibangun, biar hujan 24 jam juga sudah tidak lagi banjir, jadi kami ucapkan terima kasih buat pak Bupati dan pak Wakil, karena sudah bebaskan kami dari banjir,” ucap Mohtar, Selasa (23/10/2018).

Meski demikian, kata Mohtar, Pemkab Morotai harus terus mengevaluasi langkah dan kebijakan yang telah diambil, guna mempersiapkan program lanjutan yang berkesinambungan untuk membebaskan Morotai dari masalah banjir. Seperti rehabilitasi waduk, normalisasi sungai, serta mengantisipasi titik genangan baru.

“Seperti di Desa Sabatai Tua kemarin banyak ternak warga yang hilang saat banjir, juga di beberapa desa lainnya, ini juga perlu untuk diatasi bukan hanya sekedar memasang alata pendeteksi banjir, tapi harus dicarikan solusinya agar banjir tidak lagi mengancam rumah warga di desa itu,” sarannya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut