Bawaslu Diminta Tegas dan Konsisten Proses Money Politik AGK-YA

Yasim Mujair
Ketua Barisan AHM-RIVAI, Baco Umaternate

TERNATE – Tim relawan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-RIVAI), yang tergabung dalam Barisan AHM-RIVAI meminta Bawaslu agar tegas dan konsisten menangani kasus dugaan money politik Abdul Abdul Ghani Kasuba dan M Al Yasin Ali (AGK-YA) yang terjadi di zona Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal ini dikarenakan penangan kasus yang melibatkan calon petahana AGK, terkesan dihambat dan jalan di tempat.

Ketua Barisan AHM-RIVAI, Baco Umaternate mengatakan kasus ini terancam kedaluwarsa karena ada pihak-pihak yang sengaja menghambat.

“Penanganan kasus nampaknya tidak ada kemajuan, ada kesan sengaja dihambat oleh pihak-pihak tertentu,” tegas Baco dalam siaran pers yang diterima KabarMalut, Jumat (26/10/2018).

Menurut Baco, kasus money politik terutama di Desa Umaloya  telah menjadi perhatian publik karena melibatkan calon gubernur petahana. Oleh sebab itu, pihaknya berharap Bawaslu dapat bertindak konsisten, profesional dan tidak takut pada tekanan dari pihak-pihak tertentu.

“Kita minta Bawaslu professional dan konsisten. Kalau Bawaslu Maluku Utara  tidak menemui kemajuan dalam kasus ini karena ada pihak-pihak yang sengaja menghambat, kami sarankan agar Bawaslu meminta bantuan penanganan ke Bawaslu RI,” paparnya.

Lebih jauh Baco menghimbau kepada semua pihak, terutama para pendukung AHM-RIVAI agar terus mengawal berbagai kasus pelanggaran yang terjadi, sehingga terang dimata hukum dan masyarakat.

“Ayo kita kawal sama-sama, ini bukan hanya semata soal AHM-RIVAI, tetapi soal masa depan demokrasi dan masa depan Maluku Utara yang sama-sama kita cintai,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut