Dinkes Morotai Terus Genjot Capaian Target Imunisasi MR

  • Bagikan
Sinkronisasi data PIP yang dilakukan di SMP Kristen Morotai

DARUBA – Pencanangan imunisasi Measles dan Rubella (MR) yang sempat menjadi polemik di masyarakat, kini sudah bisa diperbokehkan untuk melakukan lanjutan imunisasi kepada anak-anak. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Morotai melalui jajaranya kini sedang gencar-gencarnya melakukan pemberian imunisasi MR di Morotai Selatan dan Morotai Timur untuk pencapaian target maksimal harus 95 persen dan kini baru mencapai 77,32 persen.

Kepala Puskesmas Daruba Morotai Selatan dr Adil Makmur  menyampaikan melalui sinkronisasi data pada  Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan di SMP Kristen Morotai Kamis kemarin, pihaknya memberikan edukasi kepada siswa dan adanya konsilidasi para Kepsek SD dan SMP se-Kabupaten Pulau Morotai.

“Kegiatan ini targetnya semua siswa SD dan SMP yang menjadi sasaran imunisasi semuanya mendapatkan vaksinasi,” kata Adil saat ditemui KabarMalut, Jumat (26/10/2018).

Konsplidasi para Kepsek SD dan SMP tentang pentingnya vaksinasi MR

dr Adil mengaku, kendala di lapangan masih ada beberapa orang tua yang belum mengizinkan anaknya diberikan vaksin MR, alasanya karena masih takut dengan isu yang beredar di publik bahwasanya vaksin MR mengandung bahan-bahan yang haram.

“Untuk mengantisipasi Dinkes bersama Forkompinda, MUI dan Kemenag melakukan pendekatan kepada orang tua siswa dengan berdasarkan fatwa dari MUI yang telah mengeluarkan pemakaian vaksin MR dibolehkah dalam Islam,” tambahnya.

Kecamatan yang masih minim untuk melakukan vaksina MR diantaranya Kecamatan Morotai Selatan dan Morotai Timur, masing-masing Puskesmas Daruba baru 60,0 persen dan Sangowo baru 44,9 persen dibandingkan dengan 5 Puskesmas lainnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut