Sekertaris DPMD Halbar Diduga Intervensi Pilkades Sidangoli Gam

  • Bagikan
Pencabutan nomor urut Pilkades Sidangoli Gam beberapa waktu lalu

JAILOLO – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menjadwalkan 7 November mendatang akan melaksanakan Pilkades. Panitia menetapkan empat calon yang akan betarung setelah melalui sejumlah seleksi.

Namun ditengah-tengah pesiapan panitia, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halbar, Fakar Lila yang juga Ketua Panitia Pilkades tingkat Kabupaten, diduga mengintervensi Pilkades dengan memaksakan Panitia untuk mengikut sertakan Usman Gani yang sebelumnya didiskualifikasi karena tidak memenuhi persyaratan pencalonan Kades.

Tindakan Fakar Lila mendapat penolakan dari Aliansi Demokrasi Desa (ADD) Halbar, karena berdasarkan Permendagri nomor 112 tahun 2014 ayat 1, 2, 3 dan 4 dan Perda Kabupaten Halbar nomor 2 tahun 2018 tentang Pilkades yang dijadikan acuan untuk menetapkan calon Kades ikut dalam bursa pemilihan.

Koordinator ADD Halbar, Ong M Saleh menilai ada niat terselubung yang dilakukan oleh DPMD Halbar melalui Sekertaris DPMD Fakar Lila, sebab fakta yang ada bahwa Usman Gani sebagai petahana Kades Sidangoli Gam ngotot mencalonkan diri kembali, sedangkan dirinya sudah didiskualifikasi oleh panitia, karena panitia menemukan beberapa masalah pada dokumen pendaftaran setelah melakukan verifikasi faktual.

“Kami dari ADD Halbar menduga ini ada kongkalikong antara Fakar Lila dan Usman Gani yang juga sebagai petahana Kades Sidangoli Gam, padahal jelas-jelas Usman sudah didiskualifikasi oleh panitia kenapa harus ngotot ikut pencalonan lagi,” tegas Ong kepada KabarMalut, Jumat (26/10/2018).

Ong menambahkan bahwa Fakar Lila tidak memiliki niatan baik dalam menata demokrasi di tingkat desa, sehingga memaksakan keinginannya secara pribadi untuk mengintervensi secara menyeluruh Pilkades Sidangoli Gam.

“Ada empat calon Kades yang lolos sudah melakukan pencabutan nomor urut yakni nomor 1, Abid M Nur, nomor urut 2 Hi Majid, nomor urut 3 Marhun Hameru dan nomor urut 4 Sukardi Diadi. Hanya karena salah satu calon tidak lolos, maka masih menjadi polemic,” jelasnya.

ADD Halbar bersama empat calon Kades juga berencana akan melakukan aksi menolak Fakar Lila jika memaksakan kehendak untuk mengakomudir Usman Gani.

Sementar itu, hingga berita ini naik tayang Seketaris DPMD Halbar, Fakar Lila belum bisa dikonfirmasi. (Ajo)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut