Operasi Zebra, 12 Pelanggaran Jadi Target Polisi

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Pulau Morotai, AKP N. Daniel Maribunga

DARUBA – Untuk menekan angka kecelakaan terutama pengguna jalan, Polres Pulau Morotai melalui Satuan Lantas meggelar Operasi Zebra Kieraha yang dimulai sejak hari ini hingga 12 November mendatang.

“Operasi Zebra ini berjalan selama dua minggu. Mulai hari ini tanggal 30 Oktober sampai 12 November 2018,” kata Kasat Lantas Polres Morotai, AKP N Daniel Maribunga, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/10/2018).

Dia mengegaskan, ada 12 poin penting yang menjadi target Operasi Zebra kali ini, diantaranya penggunaan helm SNI, melawan arus, mengunakan HP saat berkendaraan, batas kecepatan, sabuk keselamatan, belum cukup umur berkendaraan, berkendaraan dibawah pengaruh alcohol, TNKB tidak sesuai ketentuan, pengguna sirine dan rotator, kelebihan muatan, kendaraan bak terbuka mengangkut orang dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Para pengemudi saat berkendaraan di jalan kemudian mereka tidak mentaati aturan berlalulintas seperti yang sudah dijelaskan 12 poin penting ini, akan dikenakan pelanggaran tilang terhadap pengemudi,” tegas Kasat.

Pulan kendaraan yang terkena Operasi Zebra Polres Pulau Morotai

Menurutnya, sistem Operasi Zebra mengunakan sistem bergerak atau hunting berpindah tempat.

“Jadi dimana tempat ketika kami melihat ada pengemudi yang tidak taat terhadap aturan berlalulintas yang seperti sudah dijelaskan diatas itu. Maka pengemudi tersebut akan kami tilang,” ungkapnya.

Polres Pulau Morotai mengimbau kepada seluruh kendara baik sepeda motor maupun mobil, jika berkendaraan harus pelan-pelan dan tidak mengebut, sehingga bisa sampai di tempat tutuan dengan selamat. Karena banyak kecelakan yang terjadi para pengemudi ketika berlalulintas di jalan dengan kecepatan yang tinggi.

“Kami imbau agar para pengemudi jalan ketika berlalulintas itu, kalau bisa dengan kecepatan yang rendah, agar keselamatan juga terjaga sampai di tempat tujuan,” imbuhnya.

Meski baru hari pertama, puluhan kendaraan baik roda dua dan roda empat, berhasil ditilang Polisi karena melanggar aturan berlalu lintas. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut