Tanaman Ganja Kembali Ditemukan di Lapas Ternate

  • Bagikan
Kepala Lapas Kelas II A Ternate, Muji Widido didampingi sejumlah staf saat Press Conference, Minggu (4/11/3018)

TERNATE – Tanaman yang diduga ganja kembali ditemukan tumbuh dalam Lapas Kelas IIA Ternate. Temuan ini saat petugas Lapas dan anggota Polsek Pulau Ternate menyisir semua blok di Lapas usai petuga menggalkan penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu yang dibawa oleh dua pelaku hendak diseludukan ke Lapas, Sabtu (3/10) kemarin.

“Setalah petugas menyisir di semua blok, ternyata ditemukan satu batang pohon sekitar 30 sampai 50 senti meter yang diduga ganja,” ungkap Kepala Lapas Kelas II A Ternate, Muji Widido didampingi sejumlah staf dalam Press Conference, Minggu (4/11/3018).

Untuk penyeludupan narkoba jenis sabu dan temuan pohon ganja, kini dilakukan penyelidikan oleh Polsek Pulau Ternate. Temuan tersebut merupakan sebuah komitmen petugas Lapas dalam rangka memberantas narkoba di dalam Lapas.

“Ini bukan kali ini saja terjadi, namun sebelumnya sudah dilakukan pencegahan perdearan narkoba dalam Lapas sehingga dilakukan penggeldahan para narapidana,” jelasnya.

Menurutnya, sebelumnya telah dilakukan pengeledahan yang mana tidak saja dibidik barang bukti berupa ganja maupun sabu-sabu tapi juga handphone narapidana. Hasil penggeledahan kamar, ditemukan sejumlah handphone dan langsung diserakan ke kepolisian.

“Kami serahkan kepada kepolisian untuk dilakukan penyilidikan dan penyadapan yang lebih lanjut apakah ada jaringan di luar dan dikembagkan oleh HP tersebut,” tegas.

Terpisah, Kapolsek Pulau Ternate Iptu Mardiyono mengatakan penemuan tanaman yang diduga ganja oleh petugas Lapas kini sudah diamankan. Temuan tersebut berada di depan kamar milik narapidana kasus narkoba.

“Barang tersebut (tanama diduga ganja) ada di depan kamar Blok C Koluncucu didalamnya itu penghuni narkoba semua ada 13 Napi. Tetapi hingga saat belum diketahui siapa yang menanam pohon tersebut,” katanya.

Kapolsek menambahkan, prinsipnya temuan itu akan ditindaklanjuti sampai diketahui siapa pelaku dari tanaman itu.

“Sementara proses penyilidikan daun ganja itu, kita tetap melalaui porsudur. Dimana, kami menyurat dulu ke Kakanwil agar Kakanwil bisa mendampinggi kami untuk melaksanakan penyilidikan tanaman yang diduga ganja,” pungkasnya.

Sebelumnya Jumat (2/11) dini hari, Petugas Lapas Kelas IIA Ternate menemukan 3 pot yang ditanama tanaman yang diduga ganja sebanyak 17 pohon. Besoknya Sabtu (3/11) petugas Lapas juga menggagalkan penyeludupan narkoba jenis sabu yang dibawa dua pemuda dengan cara memasukkan dalam ikan goreng dan di dubur salah satu pelaku. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut