Bawaslu Ingatkan Anggota DPRD Tak Berkampanye di Masa Reses

  • Bagikan
Kordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Halteng, Husnul Husen

WEDA – Bawaslu Halmahera Tengah (Halteng) menyampaikan larangan bagi anggota DPRD yang kembali bertarung pada Pileg 2019 untuk tidak berkampanye saat sedang Reses ke daerah pemilihan (Dapil).  Karena Reses merupakan kerja aggota DPRD bekerja di luar gedung kantor dalam rangka menjaring, menampung aspirasi masyarakat dalam konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja.

“Kami menghimbau kepada Ketua dan Anggota DPRD Halteng agar tidak berkampanye saat melakukan Reses ke kecamatan-kecamatan melalui surat imbauan nomor TU.00.01/047/BWS-HG/2018,” ungkap Kordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Halteng, Husnul Husen kepada KabarMalut, Senin (5/11/2018).

Secara kelembagaan, kata Husnul, Bawaslu akan instruksi ke seluruh jajarannya di kecamatan dan desa agar melakukan pengawasan secara maksimal dalam  pelaksanaan reses yang dilakukan oleh anggota DPRD aktif, agar tetap dimonitor gerak gerik pada masa reses.

“Bilaman  ternyata ditemukan saat reses dimanfatkan untuk berkampanye atau bertentanggan dengan tindakan pelanggaran Pemilu. Dalam pelanggaran ada dua dugaan pelanggaran yakni kampanye di luar jadwal dan penggunaan fasilitas negara,” tambahnya.

Pemberitahuan dan imbauan ini sebagai bentuk dari proses pencegahan. Oleh karena itu, kepada seluruh anggota DPRD aktif yang mencalonkan diri agar sama -sama patut pada regulasi dan undang undang Pemilu. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut