Jarang di Desa, BPD Desak Bupati Evaluasi Kades Batulak

  • Bagikan
Kades Batulak, Irhandi Suhada

LABUHA – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batulak, Kecamatan Gane Barat Utara (Garut) mendesak Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba mengevaluasi kinerja Kades Batulak Irhandi Suhada. Kurang lebih dua tahun menjabat Kades Batulak Irhandi jarang berada di desa untuk menjalankan aktifitas sebagai Kades.

“Tidak aktif sama sekali, pintu kantor desa tertutup terus. Lagian kalau buka siapa yang berkantor, Kades saja tidak berada di desa dan belum pernah Kades menggunakan pakaian dinas untuk masuk kantor,” tutur Ketua BPD Batulak, Sudarto A Gani kepada KabarMalut, Minggu (11/11/2018).

Sambung Sudarto, saat ini kantor desa ditumbuhi rumput dan papan nama kantor desa pun ikut roboh. Bahkan selama ini bendera merah putih tidak pernah dinaikan di depan kantor desa.

“Selain itu, selama menjabat sebagai Kedes,  Irhandi juga tidak transparansi dalam menjalankan pemerintah desa terutama dalam hal laporan keuangan desa,” kata Sudarto,.

Oleh karena itu, sebagai lembaga BPD, Sudarto meminta Bupati Bahrain Kasuba untuk mengevaluasi kinerja Kades Irhandi karena dinilai sudah melanggar pasal 26 ayat 4 undangan-udangang nomor 6 tentang Desa.

“Pemda Halmahera Selatan yang begitu luar bisa kok melihat barang jahat seperti ini jadi diam seperti itu,” ungkap Sudarto.

Terpisah, Kades Batulak Irhandi Suhada saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya jarang di desa karena keluar mencari bantuan diberbagi lembaga pemerintah baik pemerintah daerah mapun pusat untuk kepentingan masyarakat Desa Batulak. BPD kata Irhandi seharusnya jangan hanya melihat seberapa lama kades berada di desa, tapi bagimana upaya Kades dan seberapa besar Kades berjuang untuk desa.

“Yang namanya usaha itu hari ini kita usaha bukan langsung terealisasi. Akan tetapi butuh kesabaran dan waktu untuk bisa capai usaha itu sendiri,” tutup Irhandi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut