Diskominfo Komitmen Kembangkan TIK di Kepsul

  • Bagikan
Kepala Diskominfo Kepsul, Ihwanudin Umasangadji

SANANA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) terus mendorong percepatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui program Smart City. Saat ini Diskominfo bekerja sama dengan Kementerian Kominfo memperluas jaringan komunikasi seluler di wilayah-wilayah blank spot (tidak ada sinyal) di kecamatan dan desa yang telah membangun tiga tower BTS.

Kepala Diskominfo Kepsul, Ihwanudin Umasangadji menuturkan program kementerian bersama dengan Pemda Kepsul saat ini berupaya agar jaringan telekomunikasi bisa dinikmati masyarakat terutama di daerah yang terisolasai.

“Untuk tahap pertama sudah diuji coba dan masyarakat sudah bisa menikmati telekomunikasi yang selama bertahun-tahun terisolasi dengan komunikasi telepon,” kata Ihwanudin kepada wartawan, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan, desa yang telah dibangun tower BTS dan diuji cobayakni yakni Desa Waigai, Sulabesi Selatan, Waiina, Sulabesi Barat dan Desa Fatkauyon, Sulabesi Timur. Selain itu, lanjutnya Pemda juga mendorong sehingga pembangunan jaringan yang sama juga dilakukan di Desa Pelita, Mangoli Barat dan Desa Waisum, Mangoli Utara Timur serta satu tower bersama dari mitra telkomsel yang ditempatkan di Desa Waiipa, Kecamatan Sanana.

Dikatakannya, pengembangan akses internet yang gencar dilakukan sebagai respon Pemda terhadap keluhan masyarakat.

“Sebagaimana tagline Diskominfo yakni menjangkau yang tidak terjangkau atau we bright the nation,” kata pria yang biasa disapa Iwan Us itu.

Desa-desa yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi akan terus diusahakan. Sebab kata Iwan, melalui program Indonesia merdeka sinyal oleh Kementerian Kominfo.

“Tapi untuk pembangunan tower BTS itu program terpisah dari telkomsel dan untuk pembangunannya melibatkan tiga mitra  masing-masing ada menangani tiang tower, power (energy) dan yang satunya lagi menangani peralatan BTS untuk konektifitas,” tutup Iwan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut