Kadis Kominfo Kepsul Larang Pimpinan SKPD Layani Wartawan

  • Bagikan
Suasana Apel Pagi di depan Kantor Bupati Kepsul

SANANA – Bertolak belakang dengan harapan Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes yang selalu berharap adanya keterbukaan informasi terkait pengelolaan Pemerintahan Daerah kepada masyarakat melalui wartawan. Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kepsul Ihwanudin Umasangadji malahan meminta para pimpinan SKPD tidak lagi melayani wartawan dalam menyampaikan informasi.

Kadis Kominfo Kepsul, Ihwanudin Umasangadji pada Apel Pagi tadi, secara lantang meminta para pimpinan SKPD untuk tidak lagi menerima kedatangan wartawan yang mengkonfirmasi berita. Ihwanudin bahkan meminta pimpinan SKPD dapat menginformasikan segala hal terkait kinerja SKPD kepada Dinas Kominfo yang dipimpinnya.

“Kepala SKPD sudah tidak boleh kasih informasi  di wartawan lagi, tidak adalagi yang berhubungan dengan wartawan soal pemberitaan. Semua informasi harus lewat Kominfo,” kata Ihwanudin di hadapan ratusan peserta apel yang dipimpinnya, Rabu (14/11/2018).

Menanggapi larangan Kadis Kominfo, Komunitas Wartawan Sula (KWS) mendesak Bupati Hendrata Thes untuk mengevaluasi kinerja Ihwanudin yang dinilai tidak paham akan aturan. Terutama terkait tugas dan tupoksi yang pada Kominfo.

“Kadis Kominfo benar-benar melakukan kesalahan, selain salah memahami peraturan yang tertuang pada amanah Permendagri nomor 3 tahun 2017, ia juga mengabaikan perintah Bupati Kepsul untuk bekerja sama dengan wartawan dalam keterbukaan informasi publik. Lebih fatal lagi ia menyalahi UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers Pasal 18 ayat 1, jadi kami meminta bupati segera mengevaluasi sekaligus memecat Ihwanudin dari jabatannya,” tegas Penasehat  KWS Fachrul Pora.

Ia juga menambahkan, amanah Permendagri mengarah pada bagaimana mengamankan informasi internal pemerintahan bukan membatasi kerja Pers dengan melanggar  undang-undang Pers. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut