Bawaslu Konsen Sosialisasi Pengawasan Pemilih Melenial

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin

LABUHA – Memasuki Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) lebih konsen menggelar sosialisasi pengawasan pemilih pemula (melenial).

Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin mengaku sasaran pertama kegiatan yang dilaksanakan adalah soal sosialisasi pengawasan partisipasi pemilihan pemula. Karena konsen Bawaslu adalah pada pemilihan umum serentak yang pertama kali digelar di seluruh Indonesia yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

“Sehingga penting bagi Bawaslu untuk menyampaikan kepada publik khususnya  pemilih pemula atau katagori melenial. Sehingga mampu memahami seluk-beluk Pemilu itu dimaksud,” tutur Muksin kepada sejumlah wartawan di ruang aula Hotel Buana Lipu Desa Tomori, Kamis (15/11/2018).

Lanjut Muksin, yang kedua partisipasi yang dimaskud itu keterlibatan diri bukan hanya pada saat hari H atau hari coblos saja, tetapi partisipasi yang dimaksud adalah dimulainya tahapan sampai berakhirnya tahapan, para melenial ini harus berpartisipasi untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu.

“Nah ini yang kami lakukan rangkaian kegiatan pada kesempatan hari ini,” ucap alumni Unkhair Ternate ini.

Lebih lanjut kata Muksin, seluruh Indonesia ada  85 juta pemilih pemula termasuk Halmahera Selatan (Halsel). Pemilih pemula itu kata Muskin, merupakan basis elektoralnya usia 17 sampai 21 tahun dan pemilih pemula menjadi konsen peserta kontestasi politik atau calon legislatif (Caleg).

“Garapan peserta itu paling banyak di pemilih pemula. Cenderungnya Caleg ke situ,” ungkapnya.

Selain itu, Muskin berujar, Kabupaten Halsel merupakan salah satu kabupaten yang memiliki DPT yang terbanyak maka sudah tentu pemili Pemula juga banyak dan merekalah menjadi target sasaran peserta Pemilu.

“Kami butuh untuk menyampaikan ini agar kemudian menyampaikan hak pilih itu tidak asal-asalan tapi menggunakan hak pilih karena keterpilihan bukan karena desakan atau maunya orang,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut