Harga Kopra Anjlok, Mahasiswa Boikot Jalan Menuju Bandara

  • Bagikan
Ribuan Mahasiswa menggelar gelar aksi boikot jalan sebagai bentuk protes anjloknya harga kopra, yang berlangsung di depan Kampus FKIP Unkhair Ternate

TERNATE – Ribuan Mahasiswa yang berasal dari berbagai OKP di Kota Ternate, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kahirun (Unkhair) Ternate di Kelurahan Akehuda, memprotes anjloknya harga kopra yang terjadi di Maluku Utara (Malut).

Korlap Aksi, Bahrun Ibrahim mengatakan turunnya harga kopra akhirnya banyak anak Petani yang putus sekolah, kebijakan pertambangan, serta masukan kelapa Sawit. Namun turunya harga kopra DPRD Provinsi lebih memilih Perjalanan Dinas ketimbang memberikan Subsidi untuk menyelamatkan kehidupan petani kopra.

“Dalam 3 bulan terakhir harga pasaran kopra turun dratis, dan sangat dikeluhkan oleh masyarakat tampa terkecuali beberapa kabupaten/kota di Maluku Utara masyarakatnya hadir dan mengeluhkan kepada pemerintah. Namun tidak disikapi secara serius oleh Pemprov Malut,” kata Bahrun dalam orasinya, Senin (19/11/2018).

Aksi protes para mahasiswa

Menurut Bahrun, anjolnya harga kopra dapat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Malut dan memunculkan niat petani untuk menjual tanahnya. Pemprov harus segara membuat Perda tentang harga komoditi, naikan harga komoditi unggulan Malut.

“Pemprov menertibkan tata niaga pala dan cengke, hadirkan Perusda untuk melindunggi petani kopra, alifungsikan anggaran perjalan DPRD Rp 13 miliar pada subsidi petani kopra. Hidupkan tol laut, tolak kelapa sawit dan pertambangan di Malut,” pungkasnya.

Massa memboikot aktivitas jalan raya menuju Bandara Babullah Ternate, pemboikotan itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Pemerintah pusat dan daerah dengan membakar sejumlah ban bekas yan disusun di sepanjang jalan menuju Bandara Babullah Ternate.

Tuntutan Massa aksi agar pemerintah daerah dan DPRD Provinsi segera turun tangan dan melihat masalah ini, sebab menurut mereka harga kopra merosot turun. Akibat pemblokiran, akses jalan menju bandara terpaksa dialihkan oleh aparat kepolisian. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut