DPRD Haltim Berhentikan Rudy Erawan Sebagai Bupati

  • Bagikan
Ketua DPRD Haltim, Jhon Ngoraitji

MABA – Dewan Perwakilan Rakayat (DPRD) Halmahera Timur (Haltim) akhirnya memberhentikan Rudy Erawan dari jabatanya sebagai Bupati Haltim periode 2016-2021. Pemberhentian dilaksanakan melalui Rapat Paripurna DPRD yang berlangsung Senin (19/11) malam.

Ketua DPRD Haltim, Jhon Ngoraitji dalam kesempatan tersebut mengatakan, keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat nomor putusan 46/Pid/Sus-PPK/ 2018/PM.PST tersebut maka sebagaimana UU no 23 tahun 2014 pasal 78 ayat 2 huruf e, tentang Pemerintahan Daerah, maka kepala daerah diberhentikan dari jabatan karena melanggar larangan sebagaimana peraturan perundang-undagan..

“Rapat paripurna ini dilaksanakan untuk menetapkan pemberhentian secara defenitif Bupati Halmahera Timur Rudy Erawan,” ungkap Jhon dalam paripurna tersebut.

Untuk efektifitas dalam menjalankan roda organisasi, maka selanjutnya diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melaui Gubernur Maluku Utara untuk mendapatkan pengesahan pemberhentian sekaligus pengangkatan Wakil Bupati Muhdin Mabud sebagai Bupati Haltim defenitif.

“Rapat paripurana pemberhentian ini sekaligus menetapkan surat keputusan pemberhentian Rudy Erawan sebagai bupati non aktif sebagaimana amanah peraturan perundang-undagan,” Terangnya.

Jhon meminta perkara yang dialami oleh Rudy Erawan agar dijadikan sebagai pembelajaran penting untuk masa-masa yang akan datang.

“Kita juga mendoakan semoga beliau (Rudy Erawan) bisa tabah menghadapi hukuman ini, dan keluarga juga bisa bersabar atas apa yang menimpa bupati non aktif Rudy Erawan,” cetusnya.

Selain itu, atas nama DPRD Haltim juga memberikab apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Rudy Erawan karena selama memimpin Haltim telah melakukan prubahan-perubahan mendasar dari berbagai segih untuk kemajuan daerah.

Rapat paripurna pemberhentian tersebut disertai pembacaan surat keputusan DPRD yang dibacakan Sekwan Muchsin Mistafa dengan nomor 188.4/13/2018 tentang usulan pemberhentian Rudy Erawan sebagai Bupati Haltim 2016-2021. (rdx)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut