Pemda Halteng Jadwalkan Peringatan Maulid Nabi Dengan Fanten di Patani

  • Bagikan
Kabag Kesra Setda Halteng, Yusup Hasan

WEDA – Ummat muslim menyambutnya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan beragam cara, di Kabupaten Halmahera Tengan (Halteng) secara turun temurun di setiap masjid membaca shalawat nabi. Setelah itu yang sudah menjadi budaya setiap perayaan Maulid Nabi, yakni Fanten (berpasangan) dan Coka Iba atau topeng.

Kabag Kesra Setda Halteng, Yusuf Hasan menjelaskan, perayaan coka iba ini bentuknya berbeda-beda yakni Patani, Weda dan Maba. Lain pula di acara maulid ini juga ada juga dirayakan budaya fanten, dimana dalam budaya fanten ini, masyarakat di tiga negeri yang dinamakan Negeri Fagogoru ini, merayakannya dengan membaca riwayat Nabi Muhammad SAW dan shalawat nabi dengan syukur.

“Selain dari masayarakat di setiap desa merayakan acara Maulid nabi ini, pemerintah Kabupaten Halteng juga sudah menetapkan acara maulid ini sebagai acara rutin setiap tahun,” kata Yusuf saat dikonfirmasi KabarMalut, Selasa (20/11/2018).

Di tahun ini Pemerintah Kabupaten Halteng, merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan faten di Kecamatan Patani, yang rencananya dihadiri langsung Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Abdurahim Ode Yani. Dengan mengundang perwakilan dari masyarakat Maba, Weda, Gebe dan Patani.

“Acara fanten ini direncanakan berlangsung pada 5-8 Desember mendatang, semua akomodasi dan konsumsi dibiayai langsung oleh Pemerintah Kabupaten Halteng,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut