Kejati Harap Polda Cepat Limpahkan Tersangka Ketua PKPI Malut

  • Bagikan
Kantor Kejati Malut (Foto: Dok/KabarMalut)

TERNATE – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut), berharap penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Malut secepatnya menyerahkan berkas dan tersangka Ketua DPW PKPI Malut, Masrul Hadi Ibrahim, dalam kasus rekomendasi ganda syarat pencalonan gubernur dan wakil gubernur Malut 2018 kemarin.

Plh Kasi Penkum Kejati Malut, Ikhram menjelaskan sesuai riwayat kasus, SPDP diserahkan pada 19 Maret 2018 terus ditindaklanjuti dengan penyerahan berkas perkara pada penyidik 6 April 2018 atas nama Masrul Hadi Ibrahim. Setelah dilakukan pra penuntutan oleh jaksa peneliti, berkas tersebut dinayatakan lengkap dan dilakukan P21 pada 10 April 2018.

Namun hingga kini P21 belum ditindaklanjuti dengan penyerahan tersangka dan barang bukti, maka Jaksa penyelidik mengirimkan surat tindaklanjut dari P21 A tertanggal 19 September 2018 ke penyidik Dit Reskrimum.

“Meski begitu setelah dikembalikan P21 A satu bulan kemudian sesuai dengan SOP kalau misalnya Jaksa mengeluarkan atau mengirim surat P21 tertanggal 10 April. Maka paling lambat 1 bulan setelah itu mestinya tahap dua,” kata Ikhram kepada kabarMalut, Kamis (22/11/2018).

Menurutnya, karena belum tahap dua, jaksa menilanjuti P21 A tetapi tetap saja masih juga belum menyerahkan tersangka dan barang bukti. Dengan begitu, maka Kejati mengembalikan berkas perkara pada penyidik Dit Reskrimum tertanggal 22 Oktober 2018.

“Kalau misalnya kita kembalikan berkas secara keseluruhan pada mereka dan dapat menyerahkan tersangka dan babuk, maka Kejati akan menerima. Karena sesuai dengan SOP penyerahan berkas perkara sebelum P21 terus belum ada tahap dua maka harus ditindaklanjuti P21 A selama 30 hari,” tegas Ikrham.

Dirinya berharap pihak penyidik Dit Reskrimum Polda Malut, agar segera menindaklanjuti surat yang sudah diteken Jaksa peneliti agar kasus ini secepatnya dilimpahkan ke pengadilan untuk proses persidangan.

“Harapnya seperti itu (cepat serahkan berkas dan tersangka) biar kasusnya cepat berjalan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut