Raih 170 Suara, Jafar Menangkan Pilkades Gayap

  • Bagikan
Perolehan suara Pilkades Gayap

LABUHA – Pemilih Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap kedua yang digelar Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Hasel) di 66 desa pada Sabtu (17/11) telah selesai. Dari 66 desa tersebut termasuk Desa Gayap Kecamatan Kayoa Utara.

Dalam Pilkades kali ini diikuti dua Calon Kades yakni Abdurahim Basri (nomor urut 1) sebagai incumbent dan Jafar Hi Hakim (nomor urut 2). Proses pemilihan berlangsung aman tertib, walaupun tensi politik menjelang hari pelaksanaan sangat tinggi.

Sejak pukul 08.00 WIT, masyarakat berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak politiknya. Setelah proses pencoblosan selesai pada pukul 12.00 WIT dilanjutkan penghitungan suara.

Proses penghitungan suara, calon nomor urut 1 Abdurahim Basri meraih suara 138 suara dan calon nomor urut 2 Jafar Hi Hakim meraih 170 suara atau peraih suara terbanyak. Dengan demikian maka calon nomor urut 2 Jafar Hi Hakim terpilih dan berhak menduduki jabatan Kades untuk masa jabatan 6 tahun mendatang.

Menurut Akademisi dan Tokoh Pemuda Desa Gayap, Tada Hakim yang menyaksikan secara langsung proses Pilkades di desa tersebut, mengatakan bahwa proses demokrasi yang berjalan tertib dan aman tersebut terlaksana karena adanya kesiapan panitia pelaksana baik panitia kabupaten sampai panitia di tingkat TPS serta panitia bertindak independen.

“Hanya saja masalah klasik seperti masalah DPT masih menjadi masalah dimana-mana,” tutur Tada, Rabu (21/11/2018).

Dirinya berujar, hal ini menjadi perhatian stakeholder seperti KPU dan Bawaslu kabupaten/kota dalam persiapan pemilihan legislatif dan Pilpres sehingga seluruh hak konstitusi warga Negara dapat tersalurkan tanpa terkecuali. (rdx)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut