Disperindag Malut Sidak Harga Kopra

  • Bagikan
Kepala Disperindag Malut, Asrul Gailea saat melakukan Sidak di salah satu Toko Kopra di Kota Ternate

TERNATE – Menyikapi harga kopra yang anjlok saat ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Utara (Malut) bersama Disperindag Kota Ternate dan Satgas Pangan Polda Malut melakukan Sidak Operasi Pasar di beberapa toko di kelurahan Gamalama Kecamatan Kota Ternate Tengah, Jumat (23/11/2018).

Sidak ini dilakukan guna mengecek langsung harga beli kopra dan memeriksa stok kopra dari toko-toko tersebut. Sidak dipimpin langsung oleh Kepala Disperindag Malut, Asrul Gailea.

Terhitung sejak dua hari lalu harga kopra beli saat ini naik menjadi Rp 4.100  per kilogram (kg)  jika dibandingkan dengan harga beberapa pekan lalu yakni Rp 3.500 per kg. Artinya harga kopra saat ini mulai molonjak naik secara berlahan-lahan dan sudah naik Rp 600 per kg dari sebelumnya.

Berikut harga kopra edisi hari ini, Jumat, 23 November 2018 masing-masing yakni, Ternate Rp 4.100 per kg, Tobelo Rp 3.800 per kg, Bitung Rp 5.300 per kg, Surabaya Rp 5.700 per kg

Andika Salah satu Pemilik Toko Kopra yang diwawancarai menyebutkan bahwa salah satu penyebab harga kopra anjlok yakni mahalnya biaya transportasi, baik ke Surabaya atau ke Bitung dengan menggunakan jasa kapal laut.

Sementara Kepala Desperindag Malut Asrul Gailea memastikan harga kopra dan stok yang ada di gudang ataupun toko di Ternate masih tergolong aman.

“Artinya tidak ada penimbunan stok atau main harga,” ungkapnya  Asrul.

Asrul berharap Pemprov dapat bersinergi dengan Pemkot Ternate dan insatansi terkait dalam hal ini Pelindo sebagai jasa angkutan laut dan PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Ternate, untuk intervensi dalam permasalahan biaya transportasi baik ke surabaya maupun ke Bitung.

“Karena saat ini biaya angkutan muatan ke kapal semakin melambung tinggi harganya,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut