Perkuat Pengawasan, Bawaslu Kepsul Kuker ke Panwascam

Bawaslu Kepsul ketika Kuker ke Panwascam Mangoli Utara Timur di Desa Waisakai

SANANA – Memperkuat barisan untuk pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) Pileg dan Presiden 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Sula (Kepsul) melaksanakan kujungan kerja (Kuker) ke Panitia Pengawasan Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada empat kecamatan di Pulau Mangoli, diantaranya Panwascam Mangoli Utara Timur, Mangoli Timur, Mangoli Tengah dan Panwascam Mangoli Selatan.

Dalam kunjungan kerja, Bawaslu berharap Panwascam dapat memperketat pengawasan yang disertai dengan pemahaman Undang-Undang Kepemiluan serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) maupun Perbawaslu.

“Kita harus memperketat pengawasan dengan syarat kita harus benar-benar memahami Undang-Undang Pemilu serta PKPU agar kita mampu memberikan penjelasan secara baik ke publik maupun ke instansi terkait yang meminta penjelasan atas temuan dalam pengawasan seperti Parpol, Caleg maupun KPU,” kata Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kepsul, Risman Buamona kepada KabarMalut, Sabtu (24/11/2018).

Risman juga mengingatkan kepada para Panwascam untuk sementara menghentikan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho dan spanduk. Penertibak APK akan kembali dilanjutkan setelah Bawaslu Kepsul berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Malut.

“Penertiban baliho untuk sementara jangan dulu dilanjutkan, kami akan ke Bawaslu Provinsi untuk meminta petunjuk terkait penertiban APK, karena KPU belum memasukan data falidasi terkait APK yang telah memenuhi ketentuan,” tutupnya.

Dari empat Panwascam yang dikunjungi, hanya Panwascam Mangoli Utara Timur yang telah menertibkan satu baliho yang dipasang di tempat umum. Sementara tiga Panwascam lainnya masih menunggu perintah atau petunjuk Bawaslu Kepsul setelah berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut