38 Ladies di Halsel Bebas HIV/AIDS

  • Bagikan
Petugas Puskesmas Labuha saat melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di salah satu tempat karaoke

LABUHA – Puskesmas Labuha Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melakukan pemeriksaan kesehatan skirining Human Immunodeficiency Virus (HIV) di sejumlah tempat hiburan malam di seputar Labuha. Pemeriksaan berlangsung di Rama Karaoke, Buana Lipu Karaoke, Incana Caffe dan di Bungalou, sebanyak 38 orang ladies atau pemandu lagu dinyatakan bebas atau tidak terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Menurut KTU Puskesmas Labuha, Asmawaty Amin di Halsel sejak tahun 2017 sudah tercatat 2 orang yang terinfeksi virus HIV 1 diantara warga lokal.

“Khususnya Puskesmas Labuha setiap tahun kami punya program penyuluhan, pendataan dan skrining pada kelompok resiko tinggi dan rentan tertular penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS ) dan HIV/AIDS,” tutur Asmawaty disela-sela pemeriksaan HIV/AIDS, Minggu (25/11/2018) dini hari.

Sambung Asmawaty, langkah tepat yang dapat dilakukan dengan skrining HIV harusnya sejak dini agar bisa dilakukan penanganan lebih awal untuk mengontrol perkembangan virus dan mempertahankan kualitas hidup bagi penggunanya.

Dirinya menjelaskan HIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh. Dalam melawan infeksi dan penyakit tetapi sudah terdapat pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

“Dengan mengetahui gejala HIV sejak dini dan penanganan efektif sehingga pengidap HIV tidak  akan mengalami AIDS yaitu gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi HIV,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut