Demi Nikahi WIL, Oknum Guru Diduga Palsukan Akta Cerai

  • Whatsapp
Penasehat Hukum (PH) istri sah RI, Roslan

TERNATE – Ada-ada saja ulah oknum guru berinsial RI yang sehari-hari mengajar di SMP Negeri 26 Sidangoli Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ini. Demi menikahi Wanita Idaman Lain (WIL), RI diduga memalsukan Akta Cerai untuk memunuskan niatnya.

Penasehat Hukum (PH) istri sah RI, Roslan mengaku bahtera rumah tangga kliennya dengan RI sempat renggang dan berproses di Pengadilan Negeri Agama Ternate. Namun RI yang juga merupakan oknum guru ini tidak mampu membayar nafkah yang dianjukan kliennya sehingga perkara dinyatakan gugur.

Muat Lebih

“Perkara tersebut sudah diajukan sejak 2017 kemarin tepatnya di Pengadilan Negeri Agama Ternate akan tetapi oknum tersebut tidak mampu membayar nafkah-nafkah dari pada klen kami sehingga perkaranya gugur,” kata Roslan kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Permaslahan sekarang, lanjut Roslan, tiba-tiba diterbitkan akta cerai oleh Pengadilan Negeri Agama Tobelo. Akta yang dilampirkan untuk dokumen pernikahan dengan WIL ini, diduga dipalsukan RI.

“Kami sudah melakukan kroscek, hanya saja akta tersebut seratus persen palsu, biasanya akta dengan nomor perkara 41 nomor AC 35, orang tersebut (RI) berbeda dengan seperti ini yang kami sayangkan,” jelasnya.

Roslan menambahkan, RI merencanakan akan menikah pada Minggu pekan depan. Pihak KUA diminta untuk tidak menerbitkan buka nikah sebab dasar untuk menikah harus ada akta cerai.

“Akta cerai tersebut adalah palsu, yang digunakan RI menurut kami ini sudah melanggar pasal 263 dan atau 264 KUHP, ini kami akan sikapi dan lapor akan secara resmi,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Roslan, pihaknya akan melaporkan oknum guru secara resmi di Polres Ternate dengan membawa bukti akta cerai yang diduga dipalsukan. Pemalsuan dikuatkan dengan data pembanding Pengadilan Agama Tobelo, bahwa akta cerai dimaksud benar-benar palsu. (Ajo)

Pos terkait