Kearifan Lokal Jadi Nama Program Unggulan Polres Kepsul

  • Bagikan
Kapolres Kepsul, AKBP Tri Yulianto

SANANA – Kapolres Kepulauan Sula (Kepsul) AKBP Tri Yulianto menyusun puluhan program andalan pada semua Satuan  dengan menamakan menggunakan nama kearifan lokal. Program unggulan ini sebagai langkah dalam meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kepsul secara umum.

Namun menariknya, desain kegiatan Kapolres baru ini sangatlah kreatif, tidak sekedar menamai kegiatan yang dilakukan anggotanya di lapangan, melainkan disertai dengan upaya mengangkat kearifan lokal di daerah Kepsul.  kearifan lokal yang diangkat menjadi nama kegiatan diantaranya Madu Sula, Kenal Papeda, Kenal Pala, Kenal Cengkeh dan Kenal Saudara.

“Nama Madu Sulaitu memiliki arti Masyarakat Damai, Utuh, Sejahtera, Unggul dan Aman,” kata Tri  kepada KabarMalut, Kamis (6/12/2018).

Sementara itu kegiatan peningkatan Kamtibmas seperti Kenal Papeda artinya  Kegiatan Andalan Patroli Sepeda, kegiatan ini dilakukan oleh anggota Sabhara Polres Kepsul untuk menjangkau wilayah perkotaan khususnya di beberapa desa seperti desa Fatcey, Falahu Fogi dan desa-desa lain di wilayah kota.

“Sementara nama kegiatan Kenal Pala itu dialamatkan pada Satuan Polair Polres Kepsul yang diartikan sebagai Kegiatan Andalan Patroli Laut,” jelasnya.

Untuk kegiatan Kenal Pala atau Patroli Laut dilakukan dengan tujuan bisa mengamankan kapal-kapal yang dicurigai membawa Miras (Cap Tikus), narkoba dan memeriksa speed boat atau longboat yang penumpangnya tidak dipakaikan alat keselamatan (Life Jaket) sekaligus mengawasi untuk tetap aman.

“Kegiatan patroli laut ini dilakukan dengan menggunakan Kapal Polisi KP. XXX  1042,” terangnya.

Program dengan nama Kenal Saudara ini dialamatkan pada kegiatan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kepsul, yaitu Program Andalan Sadar Aturan Berkendara. Kapolres menyampaikan, semua program yang dicanangkan itu tidak sekedar rencana tapi sudah mulai dijalankan.

“Program dengan menggunakan nama kearifan lokal ini bertujuan agar masyarakat mudah memahaminya dan menyatu dengan masyarakat,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, program akan dilakukan secara baik dan akan berlangsung secara kontinyu seperti Patroli Laut dan Patroli Sepeda serta kegiata-kegiatan lainnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut