Puskesmas Daruba Didatangi Tim Surveyor Akreditasi FKTP Kemenkes

  • Whatsapp
Tim Surveyor Akreditasi FKTP disambut pegawai Puskesmas Daruba dengan tarian tide-tide

DARUBA – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Daruba Kabupaten Pulau Morotai, kedatangan Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Salama tiga hari,  Tim Surveyor Akreditasi bakal melakukan penilaian Akreditasi Puskesmas Daruba.

Kedatangan tim yang dipimpin Erwin Nursyahram Danie beranggotakan Sosilo Mudisantoso H A Fernandes  ini disambut langsung Asisten III Setda Pulau Morotai Ida RA Arsyad, Direktur RSUD Pulau Morotai, Kepala Puskesmas Daruba dan staf kesehatan serta Forkopimda Pulau Morotai.

Muat Lebih

Kepala Puskesmas Daruba, dr Adil Makmur menyampaikan, kedatangan tim Surveyor FKTP ke Puskesmas Daruba merupakan suatu penghargaan yang selama ini dinantikan. Sebab hanya membutuhkan waktu persiapan selama 3 bulan, Komisi Akreditasi telah melakukan penilaian Akreditasi .

“Untuk Akreditasi, Alhamdulillah saat ini membuahkan hasil yang baik, apapun yang terjadi hari ini,  inilah kerja keras teman-teman pegawai,” ungkap Adil dalam sambutanya, Kamis (6/12/2018).

Kepala Puskesmas Daruba, dr Adil Makmur menyampaikan sambutan

Adil berencana tahun depan Puskesmas Daruba akan dibangun menjadi lebih baik diatas lahan tanah seluas 2 hektar.

“Ini merupakan hasil  koordinasi kepala Dinas Kesehatan Morotai dan Bupati Morotai,” jelasnya.

Pelayanan di Puskesmas Daruba sama halnya dengan Puskesmas di kota. Namun Puskesmas Daruba masih memiliki kekurangan sehingga terus berusaha meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat khususnya pasien.

“Perlu diketahui bahwa Puskesmas Daruba memiliki pelayanan sama halnya dengan smart Puskesmas, rekam medis, antrian. Akan tetapi masih memiliki kekurangan tenaga dokter, karena saat ini yang ada di Puskesmas Daruba baru 2 orang dokter,” tegasnya.

Ketua Tim Surveyor Akreditasi FKTP, Erwin Nursyahram Danie, memberikan materi di dalam aula Puskesmas Daruba

Ketua Tim Surveyor Akreditasi, Erwin Nursyahram Danie dalam sambutannya menyampaikan bahwa tim ditugaskan untuk memantau seluruh Puskesmas di Indonesia.

“Kami ditugaskan untuk memantau seluruh Puskemas di Indonesia dan  saya berharap dengan dengan adanya akreditas ini, semoga  Puskesmas Daruba lebih meningkatkan mutu pelayanan demi masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten III Setda Pulau Morotai  Ida Ra Arsyad memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja kepala Puskesmas Daruba sehingga bisa memperoleh Akreditasi.

“Puskesmas ini tujuannya menguji standar Pemerintah memberikan dukungan untuk akreditasi, untuk itu kami memberikan apresiasi kepada pimpinan Kepala Puskesmas Daruba karena baru 3 bulan memimpin Puskesmas sudah sangat berubah luar biasa, dan pelayanan juga luar biasa,” ungkapnya.

Saat ini Puskesmas Daruba sudah memiliki program inovasi antara lain sistem rekam medik, antrian pasien, menggunakan teknologi berbasis aplikasi, penggunaan CCTV pada sistem keamanan, mengadakan pengobatan malam hari di desa-desa sebulan sekali, mengadakan sistem keuangan terbuka dengan pengawasan oleh inspektorat, merekonstruksi ruang tunggu pasien dan upgrade warna kekinian dengan anggaran swadaya puskesmas, mengadakan pemeriksaan kesehatan rutin pada staf Kejaksaan Morotai dan Pemantauan khusus pada semua kasus TBC. (Ajo)

Pos terkait