Bawaslu Rencanakan Tertibkan APK

  • Bagikan
Kordiv Pengawasan Bawaslu Pulau Morotai, Murjad Hi Untung

DARUBA – Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai merencanakan bakal menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho serta lainnya yang dinilai menyalahi aturan.

Sebelumnya KPU telah mengimbau kepada tim kampanye Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota DPD dan ketua-ketua Parpol tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Maluku utara (Malut), sebagaimana dalam Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 dan KPU no 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX/2018 yang mengatur tentang pelaksanaan kampanye dalam Pemilu 2019 mendatang.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai, Murjad Hi Untung menyebutkan telah mendapat surat imbau dari KPU dalam hal penertiban baliho. Kemudian Bawaslu melakukan monitoring di 5 kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai untuk menertibkankan baliho memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat, dan tempat pemasangan baliho.

“Bagi parpol yang sudah memuat konten-konten yang tidak sesuai sebaiknya jangan dipasang lagi,” ungkap Murjad saat ditemui awak media, Selasa (11/12/2018).

Murjad memastikan akan melakukan penertiban kembali sebelum memasuki tahun 2019 sesuai dengan edaran KPU. Apabila setelah tanggal 20 Desember 2018 peserta Pemilu belum menertibkan atau memperbaiki Alat Peraga Kampanye (APK) pihaknya mengambil tindakan penertiban.

“Kalu tidak memperbaiki APK ini, sesuai dengan petunjuk teknis maka kami akan menyurati ke KPU untuk menurunkan baliho tersebut,” tegasnya.

Untuk Parpol sendiri, tambah Murjad, sudah diingatkan oleh KPU, bahkan Bawaslu juga sudah mengingatkan KPU dan Parpol jauh sebelumnya, dan KPU sudah menyurati ke parpol-parpol terkait baliho yang tidak memenuhi syarat. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut