Berpeluang Lolos, Satu CPNS Tak Ikut SKB dan Pilih Jadi Guru Honorer

  • Bagikan
Suasasan SKB CPNS Kepsul

SANANA – Setelah dinyatakan lulus dalam tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), sebanyak 175 peserta dari 176 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus, mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Satu peserta yang berpotensi lolos sebagai CPNS, tidak mengikuti SKB dan memilih melamar menjadi guru horer.

Kepala BKPSDM Kepulauan Sula (Kepsul), Imran Umalekhoa mengaku satu peserta yang tidak mengikuti SKB karena memilih melamar menjadi guru honorer di SMP Negeri 1 Kabau Darat. Padahal kuota yang dilamarnya tidak ada sangainganya lagi sehingga berpeluang lolos sebagai CPNS tahun 2018.

“Sekarang jumlah kuota guru tak sesuai yang diharapkan, karena yang lolos SKD saja tidak sesuai kuota, apalagi kehilangan satu peserta yang jelas-jelas dapat lolos karena pada jurusan serta daerah pilihannya hanya dirinya sendiri yang lulus,” ungka Imran.

Imran menyesalkan tindakan keputusan salah satu peserta ini, sebab kehilangan satu peserta maka membuat kuota guru di Kepsul semakin berkurang. Padahal dalam tes SKB ini, lanjut Imran, sudah tidak lagi menggunakan sistem pencapaian skor, melainkan hanya dilihat dari perolehan nilai tertinggi dari peserta.

“Peserta yang berkompetisi antar sesama, maka cukup dengan perolehan nilai tertingi langsung dipastikan lulus. Sementara jika peserta yang hanya sendiri dalam pilihan jurusannya itu maka dipastikan lolos karena tidak ada saingannya, namun hasil tes nanti diumumkan oleh BKN,” tambahnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut