Kejati Jadwalkan Periksa Kepala DPMD dan Camat Kayoa Selatan

  • Bagikan
Kasi Penkum Kajati Malut, Apris Risman Ligua

TERNATE – Tim penyidik tindak pidana korupsi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) menjadwakan bakal memeriksa Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Camat Kayoa Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Pemeriksaan ini terkait kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Orimakurunga tahun 2017-2018 yang kini diselidiki Kejati.

Kasi Penkum Kejati Malut, Apris Risman Ligua menuturkan Kepala DPMD dan Camat Kayoa Selatan diperiksa sebagai saksi dalam kasus DD Orimakurunga. Sebab mereka pejabat merupakan atasan atau pimpinan dari Kepala Desa (Kades).

“Sesuai rencana keduanya yakni Kepala DPMD dan Camat akan diperiksa pada awal Januari tahun 2019,” ungkap Apris kepada wartawan, Rabu (12/12/2018).

Selain itu, penyidik juga akan koordinasi dengan pihak Inspektorat Halsel untuk memberikan hasil audit interent soal DD Orimakrunga. Selanjutnya penyidik menentukan naik tidaknya status kasus karena harus berdasarkan kerugian negara.

“Naik tidaknya suatu kasus, tergantung pada kerugian negara,” katanya.

Ia juga mengingatkan, pihak Inspektorat tidak main-main dengan audit terhadap anggaran DD. Penyidik bakal menelusuri lebih jauh tentang penggunana DD serta hasil audit nanti.

“Kalau ada laporan, tentunya ada yang bermasalah, oleh karena itu bekerja secara professional saja,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut