Polres Halteng dan KJLH Gelar FGD Pemilu Aman dan Damai

  • Bagikan
Foto bersama Kapolres Halteng dan KJLH usai FGD

WEDA – Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Tengah (Halteng) bersama Komunitas Jurnalis Liputan Halteng (KJLH) mengelar Forum Gruop Diskusi (FGD) dalam rangka Pemilu 2019 aman dan damai. Kegiatan berlangsung di aula Persat Garta Polres Halteng.

Kapolres Halteng AKBP Andri Hariyanto mengatakan FGD yang dilaksanakan bersama jurnalis bagian memperkuat tali silahturahmi antara polisi dan media, karena media bagian dari Polisi. Peran media sangat penting guna menuju Kamtibmas yang aman dan damai kepada masyarakat.

“Karena media dapat juga meredam konflik yang terjadi di kalangan masyarakat, dapat menangkal isu SARA dan hoax.  Apalagi menjelang pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) pada tahun 2019 mendatang,” ungkap Andri kepada KabarMalut, Selasa (11/12/2018).

Lanjut Andri, apalagi jaman sekarang semakin canggih dengan adanya medsos berupa facebook dan instragram banyak pula kerawanan akan terjadi di kalangan masyarakat itu sendiri. Bagi Andri, cara mencegah dan menghindari akan terjadi konflik ada di insan pers itu sendiri.

“Peran Pers yang dapat meredam dan mendingginkan suasana yang terjadi di masyarakat itu sendiri, melalui tulisan dan karya pers lewat media cetak dan media online. Kita (polisi) tidak bisa kerja sendiri tampak dorongan dan bantuan masyarakat dan media, walaupun tugas dan fungsi polisi menjaga keamanan dan kenyamanan sebelum Pemilu dan sesudah pemilu, intinya tanggung jawaban kita bersama,” tambah kapolres.

Terpisah salah satu Pengurus KJLH Amirudin Hi Ibrahim mengatakan jurnalis selalu independen untuk menyajikan berita dengan fakta, sumber yang jelas dan selalu dikonfirmasi agar pemberitaan berimbang yang dikomsumsi masyarakat.

Untuk itu, melalui diskusi ini diantisipasi cara mencegah akan terjadi kerawan selama Pemilu dengan tugas masing-masing. Polisi menjaga keamanan dan kenyamanan, begitu juga media (jurnalis) melalui tulisan yang disajikan serta pelaksanan Pemilu (KPU dan Bawaslu) harus bekerja secara independen, jujur dan adil agar tercipta Pemilu yang berkualitas dan aman. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut