Jelang Natal dan Tahun Baru, Pasar Tobelo Sepi Pembeli

  • Bagikan
Suasana Pasar Modern Tobelo nampak sempe dari pemberli

TOBELO – Anjloknya harga kopra di Maluku Utara (Malut) ikut mempengaruhi daya beli masyarakat. Jelang natal dan tahun baru 2019, suasana Pasar Tobelo Halmahera Utara (Halut) kini nampak sepi pembeli dan tidak seramai tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Halut, Abdu Husain mengaku jelang momentum hari natal dan tahun baru pada tahun sebelumnya, seputaran Pasar Tobelo dibanjiri pembeli dari berbagi pendesaan berbelanja untuk kebutuhan. Namun pada tahun ini, Pasar Tobelo terlihat sepi tidak seperti tahun sebelumnya.

“Untuk natal dan tahun baru tahun 2018 suasana Pasar Tobelo kelihatannya sangat sepi, para peminat pun (pembeli) sangat berkurang berdatangan ke Pasar Tobelo untuk berbelanja kebutuhan natal dan tahun baru,” ungkap Abdu kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

Minimnya masyarakat berbelanja di pasar dan pusat perbelanjaan dikarenakan pengaruh dari anjloknya harga kopra, apalagi masyarakat di desa yang mayoritas petani kelapa.

“Ini karena pengaru turunnya harga kopra, akhirnya masyarakat menegah ke bahwa pun sulit sekali untuk beebelanja kebutuhan mereka dalam menyambut hari natal dan tahun baru,” katanya.

Meskipun suasana pasar Tobelo sepi, Abdu mengaku pihaknya tetap  menyiapkan pasar murah bagi masyarakat guna bisa memenuhi kebutuhan hari raya natal dan tahun baru.

“Pada  pekan kemarin itu, kami pusatkan pasar murah di empat kecamatan yakni Kecamatan Malifut, Kecamatan Kao, Galela Barat dan Kecamatan Tobelo,” tuturnya.

Sementara salah satu pedagang Selfina mengaku, jelang natal dan tahun baru kali ini, pendapatan mereka tidak seperti biasanya pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab warga yang berbelanja di pasar sangat rendah.

“Kalau tahun kemarin (2017) tanggal begini itu masyarakatnya sudah banyak sekali belanja dan pendapatan kami juga meningkat, tapi untuk tahun ini sangat sepi sekali,” keluhnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut