Bawaslu Imbau Anggota DPRD Tidak Kampanye Saat Reses

  • Bagikan
Devisi Pengawasan Bawaslu Halsel, Rais Kahar

LABUHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Selatan (Halsel) mengimbau anggota DPRD yang hendak reses di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) agar tidak menambah agenda terselubung seperti berkampanye. Bawaslu RI telah mengeluarkan Surat Edaran terkait materi yang dilarang dan diperbolehkan dilakukan Caleg Petahana ketika reses.

“Prinsip Bawaslu sederhana ada edaran dari Bawaslu RI lalu kami sudah meminta pihak DPRD secara kelembagaan untuk memberikan materinya,” kata Devisi Pengawasan Bawaslu Halsel, Rais Kahar ketika diwawancara di sela-sela kegiatan FGD, Rabu (19/12/2018).

Tujuan dari Surat Edaran tersebut, kata Rais, supaya pihaknya dapat mengetahui batas perjalanan reses anggota DPRD di masing-masing Dapil dan materi-materi apa yang harus disampaikan.

“Kami juga sudah berikan materinya kepada teman-teman kami di tingkat kecamatan maupun desa untuk melakukan pengawasan terhadap anggota DPRD yang sedang melakukan reses,” ucapnya.

Ditanya jika ada anggota DPRD dalam agenda reses melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu, kata Rais anggota DPRD tersebut tetap diproses sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Kalau melangkahi dengan bukti yang cukup diproses sesuai ketentuan,” pungkas Rais

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Halsel Muhlis Jafar mengaku, pihak belum menerima edaran dari Bawaslu yang dimaksud. Muhlis juga berujar diakhir bulan ini 30 anggota DPRD Halsel melakukan reses di masing-masing Dapil.

“Saya belum terima edaran itu, mungkin masih di meja Sekwan. Dan akhir bulan ini agenda reses kami di masing-masing Dapil,” tutur Muhlis.

Senada, Sekertaris Dewan (Sekwan) Halsel Akil Marsaoly mengaku hingga kini pihaknya belum menerima Surat Edaran Bawaslu terkait materi reses anggota DPRD.

“Saya belum terima edaran secara resmi,” singkat Akil. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut