Kades Papaceda Diduga Tilep Anggaran Bantuan Pupuk

  • Bagikan
Kades Papaceda, Said Muhammad (kanan)

LABUHA – Kepala Desa Papaceda Kecamatan Gane Barat, Said Muhammad diduga menyelewengkan anggaran bantuan pupuk senilai Rp 34.200.000 pada tahun 2017. Anggaran tersebut, dialihfungsikan Kades dengan membuat perahu long boat milik pribadinya.

Salah satu anggota kelompok tani Desa Papaceda mengaku, terdapat enam kelompok tani di Papaceda yang mendapat bantuan pupuk dari Dinas Pertanian Halmahera Selatan (Halsel) dalam uang tunai sebesar Rp 5.700.000 per kelompok atau totalnya Rp 34.200.000. Namun bantuan untuk para petani tersbut tidak disalurkan Kades dan digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Semua kelompok tidak terima anggaran tersebut. Malah uang sebanyak itu (Rp 34.200.2000) Kades pakai untuk membuat bodi jonson (long boat) miliknya dan dijadikan motor len dari Papaceda ke Babang,” ungkap anggota kelompok tani yang namanya enggan mau dipubli namanya kepada KabarMalut, Kamis 20/12/2018.

Menurut dia, bantuan dari Dinas Pertanian Halsel itu tidak hanya di desa Papaced, namun terdapat pada beberapa desa lain pula di Kecamatan Gane Barat. Seperti Desa Saketa, Cango, Koititi, Doro, Bumi Rahmat, Balitata, Oha, Lemo-Lemo serta Desa Tabamasa yang semuanya meneriba bantuan uang tunai untuk pembelian pupuk.

“Masing-masing desa terima bantuan bervariasi, tergantung kelompok tani yang dibentuk di desa itu,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Halsel, Sofyan Bachmid membenarkan pada tahun 2017 ada bantuan pupuk dalam bentuk uang tunai yang diterima oleh kelompok tani pada masing-masing desa di Kecamatan Gane Barat.

“Ada di tahun 2017 bantuan pupuk tapi dalam bentuk uang. Sedangkan di tahun 2018 ini sudah dalam bentuk barang atau pupuk,” ujar Sofyan.

Kepala Desa Papaceda Said Muhammad sendiri hingga berita ini naik tayang belum bisa dikonfirmasi, nomor handphone 08124437xxxx miliknya saat dihubungi berada diluar jangkauan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut