RST Ternate Terbakar, 20 Pasien Berhasil Diselamatkan

  • Bagikan
RST Ternate Terbakar

TERNATE – Rumah Sakit Tentara (RST) Ternate yang berlokasi di Kelurahan Gamalama, sekira pukul 05:15 WIT tadi, dilalap si jago merah. 20 pasien yang sedang menjalani perawatan berhasil diselamatkan petugas.

Informasi yang dihimpun,  api diduga bersumber dari korsleting listrik dari salah satu ruang gudang penyimpanan obat. Kobaran api dengan cepat menghanguskan 12 ruangan berserta isinya dan satu unit sepeda motor Honda Beat Nopol DG 2840 KO.

Salah satu saksi mata, Sertu Rofiul mengatakan saat kejadian dirinya sedang dinas yang bersebelahan dengan gudang obat, melihat percikan dari salah satu ruangan pada gedung penyimpanan obat.

“Saya melihat adanya percikan api dan semakin membesar saya pun langsung menghubungi piket Damkar Kota Ternate untuk melakukan pemadaman di TKP karena api yang semakin membesar dan melahap sebagian besar bangunan,” ucap Rofiul, Sabtu (22/12/2018).

Selain menghubungi petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), para petugas juga mengevakuasi 20 orang pasien yang sedang dirawat di RST. Para pasien dievakuasi ke tempat aman terdekat.

“Jumlah pasien di RST sebanyak 20 orang, dengan rincian evakuasi sebagai berikut, 4 orang dievakuasi ke Gereja Bethel, 3 orang dievakuasi ke UKS SMP N 1 Ternate dan untuk sisanya 13 pasien yang sudah dinyatakan sehat sudah kembali ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Lanjut Rofiul, 6 Unit Mobil Damkar Kota Ternate tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung melakukan pemadaman dan berhasil memadamkan kobaran api.

Api menghanguskan 12 ruangan yakni,  ruang gudang obat, gudang kaporlap D denkes, ruang aula, ruang rekam medis, ruang Isolasi, ruang laundry, ruang Ipal, ruang bangsal anak, ruang dapur, ruang perawatan guarici 6, ruang Akreditas dan Ruang Rontgen bagian luar.

Saat ini RST Ternate belum menerima dan melakukan perawatan sampai waktu yang belum ditentukan karena fungsi listrik dan air mati total. Pasien yang dirawat RST dialihkan ke RSUD Hasan Busori Ternate. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut