Langgar Kode Etik Profesi, 3 Polisi Dipecat

  • Bagikan
Kapolda Malut, Brigjen Pol M Naufal Yahya2

TERNATE – Sebanyak 63 personel Polda Maluku Utara (Malut) tercatat melakukan pelanggaran disiplin dan Kode Etik Profesi (KEP) selama tahun 2018. Terdapat 3 personel diantaranya, dipecat dari kedinasan atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

Kapolda Malut, Brigjen Pol M Naufal Yahya mengatakan, data pembinaan personel Polda Malut tahun 2018 tercatat jenis pelanggaran disiplin sebanyak 32 personel dan Kode Etik Profesi 31 personel.

“Polda Malut pelanggaran disiplin 27 personel, 15 dalam proses dan selesai 12 sudah selesai. Kode Etik Profesi 25 kasus, kini proses 17 dan 8 personel sudah selesai,” kata Naufal dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2018, Senin (31/12/2018).

Sedangkan untuk polres jajajaran, Polres Pulau Morotai terdapat 1 personel pelanggaran disiplin, Polres Kepsul disiplin 2, proses 1 selesai 1 dan KEP 1 dalam proses. Polres Halbar disiplin 1 selesai, Polres Halsel disiplin 1 dalam proses, Polres Halut KEP 1 dalam proses.

Polres Halteng terdapat 3 pelanggaran KEP  dan kini dalam proses serta Polres Haltim KEP 1 personel dalam proses. Sedangkan Polres Ternate dan Tikep tidak ada anggota yang melanggar disiplin maupun KEP.

“Yang selesai sidang disiplin sebanyak 15 personel dikembalikan ke ankum masing-masing dari total 32 pelanggar. Pelanggaran KEP 31 personel, 23 dalam proses dan 8 personel telah disidangkan dengan hasil sidang, 3 personel rekomendasi PTDH atas nama Brpida MD, Brigpol MA dan Bripka RM. 5 Personel putusan permohonan maaf, pembinaan mental dan mutasi bersifat demosi atas nama AKP SH, Briptu SJ, Bripda R, Briptu FMT dan Bripka F,” cetusnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut