Gempa Bumi Tektonik 3,2 Guncang Pulau Obi, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Gempa bumi Pulau Obi, Halsel

LABUHA – Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dan sekitarnya, sekira pukul14:25 WIT diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan M=3,2.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaku hasil analisis BMKG menunjukan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.52 LS dan 127.33 BT, tepatnya di laut 40 KM Baratdaya Obi pada kedalaman 10 KM, tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi mengatakan, berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Pulau Obi II-III MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempa bumi. Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap Sunardi dalam Keterangan Pers yang diterima KabarMalut, Rabu (2/1/2019).

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Pulau Obi yang baru saja terjadi, lanjut Sunardi, hingga laporan ini disusun pada pukul 14:55 WIT, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD.

“Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi Tidak Berpotensi Tsunami,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut